Umat Muslim di Sekadau Sholat Ied Berjamaah dengan Mengutamakan Protokol Kesehatan Covid-19

145

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Ratusan umat muslim Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau melaksanakan sholat Idul Fitri (Ied) berjamaah di Masjid Besar Al-Falah, Ahad (24/5/2020) pagi, dengan mengutamakan protokol kesehatan dalam masa pandemi wabah Covid-19.

Sebelum memasuki masjid, jemaah diwajibkan menggunakan masker. Bagi jemaah yang tidak membawa masker, sejumlah anggota Organisasi Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) ikut membagikan masker.

Selain itu di gerbang masjid, disediakan air dan sabun untuk jemaah mencuci tangan serta petugas medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh jemaah.

Pengamanan dan monitoring ibadah dilaksanakan petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub Pemkab Sekadau.

Sholat Ied dipimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sekadau Kyai H. Mudlar yang bertugas sebagai kahtib dan imam utama.

Dalam khutbah singkatnya, Kyai H. Mudlar mengatakan, dalam bulan Ramadhan yang juga di masa pandemi agar umat Islam tetap meningkatkan ketakwaan dan kesabaran. “Pandemi Covid-19 adalah musibah dan ujian, terdapat pelajaran dan ruang untuk meningkatkan keimanan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” jelas Kyai Mudlar.

Khatib mengajak jemaah Sholat Ied untuk beroda agar wabah Covid-19 segera diangkat oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan umat Islam selalu menjadi orang yang bertakwa.

Pelaksanaan sholat Ied di Masjid Besar Al-Falah tersebut juga menerapkan physical distancing dalam shaf antar jamaah.

Setidaknya puluhan masjid dan surau di Kabupaten Sekadau melaksakan sholat Ied berjamaah sesuai hasil rapat bersama lintas instansi dan ormas Islam beberapa waktu lalu. Sampai dengan saat ini, dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, Kabupaten Sekadau merupakan satu-satunya daerah yang belum terdapat konfirmasi kasus positif Covid-19. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda