Tingkatan Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Agro Andalan Inisiasi Panen Perdana Padi Kelompok Tani Glo Tado

6

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan masyarakat lokal, PT Agro Andalan bekerjasama dengan Kelompok Tani Glo Tado Desa Setawar melakukan panen perdana padi kelompok tani di Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, belum lama ini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau Sandae, Camat Sekadau Hulu Aloysius Azhari, Kades Tapang Perodah, Kades Nanga Pemubuh, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, Desa Setawar serta pihak PT Agro Andalan yang menginisiasi kegiatan tersebut.

Kadis DKP3 Kabupaten Sekadau, Sandae dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak PT Agro Andalan yang telah menginisiasi kegiatan tersebut dan mau terlibat aktif mendorong masyarakat desa di wilayah kerjanya untuk semakin produktif.

“Sebagai bentuk dukungan kami dari dinas, kami melakukan pendampingan melalui PPL, dan masalah bantuan pupuk setiap tahun ada,” ujarnya.

Dirinya pun berharap tidak hanya di PT Agro Andalan, di wilayah perusahaan lain di Kabupaten Sekadau pun tetap memperhatikan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. “Selain fokus di bidang sawit, ya di bidang pertanian didukung juga dan harus diperhatikan, seperti yang dilakukan PT Agro Andalan ini,” ucap Sandae.

Dikesempatan yang sama, Kades Setawar Agus menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak perusahaan, atas terlaksananya kegiatan itu. “Kami berharap supaya nanti pihak perusahaan, Poktan yang dinaungi Bumdes bisa bermitra. Supaya kedepannya Gapoktan bisa menyuplai beras ke pihak PT Agro Andalan,” ungkapnya.

“Jujur saya sampaikan kalau PT Agro Andalan ini sangat luar biasa kontribusinya. Padahal, perusahaan ini kan berkecimpung di bidang sawit, tapi perhatiannya di bidang pertanian di desa binaannya sangat luar biasa, jadi mewakili masyarakat saya sampaikan rasa terimakasih,” tambah Agus.

Camat Sekadau Hulu Aloysius Ashari, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT Agro Andalan sudah banyak membuat terobosan demi kepentingan masyarakat. Dirinya berharap agar perusahaan yang lain bisa melakukan hal yang sama.

Plantation Head PT Agro Andalan, Jonner Silaen dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pemberdayaan kelompok tani sawah ini adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk selalu mendukung peningkatan ketahanan pangan masyarakat lokal.

“Meskipun perusahaan kami bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, namun melalui program CSR, tentunya kami memperhatikan juga upaya-upaya masyarakat di desa binaan kami dalam meningkatkan ketahanan pangan lokal yang berkelanjutan. Harapannya agar kelompok Tani Glo Tado ini bisa melakukan panen dalam setahun tiga kali,” pungkasnya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda