Terkait Karhutla, Dandim: yang Banyak Sekarang di Ogan Ilir

48
Ilustrasi.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol CZI Zamroni terus menyampaikan imbauan agar pihak manapun berhenti membakar lahan.

Hal ini ia sampaikan, mengingat belakangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai marak terjadi di wilayah teritorialnya, khususnya di Kabupaten Ogan Ilir.

“Kabupaten OKI belum ada titik api yang besar. Yang banyak sekarang di Ogan Ilir, dan disana memang termasuk banyak lahan semak yang belum dikelola,” ungkap Zamroni, Rabu (2/9/2020).

Untuk mengantisipasi ini, pihaknya juga terus melakukan patroli dan sosialisasi mengenai karhutla ini. Pasalnya, menurut Dandim, karhutla ini memberikan dampak yang sangat luas.

“Ini bisa jadi kesengajaan. Bakar lahan sendiri, api tidak terkendali dan berbahaya bisa jadi meluas ke permukiman, akhirnya membahayakan warga lain,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, di beberapa lahan ini juga terdapat banyak instalasi, baik pipa minyak ataupun listrik.

Terkait personel, menurut Zamroni, hingga saat ini pihaknya masih memaksimalkan personel yang ada, termasuk yang ada di setiap Koramil.

“Yang (BKO) dari Kodam itu untuk menjaga pengamanan di sekitar Air Sugihan, sesuai arahan komando atas. Disana juga banyak perkebunan dan termasuk daerah rawan,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda