SRC Ajak Masyarakat Belanja di Warung Klontong

1033

PALEMBANG, BERITAANDA – Paguyuban SRC di Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung menggelar Festival SRC Indonesia 2019 di PTC Mall Palembang.

Festival ini memperkenalkan Berbelanja Dekat Rumah (Berkah), yaitu ajakan kepada masyarakat untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal dengan berbelanja di toko kelontong dekat tempat tinggal mereka.

Selain Palembang, acara ini juga dilaksanakan di 12 kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Head of Zone South Sumatera PT HM Sampoerna Tbk, Dina Arini Sulistyowati menyampaikan, acara ini merupakan upaya SRC mengajak masyarakat memilih berbelanja di toko kelontong.

“Kami mengapresiasi inisiatif paguyuban SRC dalam menyelenggarakan festival ini, karena sejalan dengan upaya konsisten Sampoerna selama lebih dari 10 tahun dalam membina UKM untuk membuka peluang agar mereka dapat terus berkembang,” ujar Dina Arini Sulistyowati, Ahad (8/12/2019).

Festival rakyat ini diisi dengan serangkaian kegiatan positif, seperti jalan santai, uji coba aplikasi SRC di Pojok AYO SRC, dan perkenalan pojok bayar sebagai sarana membayar tagihan.

Hingga saat ini, 4.445 toko kelontong di berbagai wilayah di Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung yang tergabung dalam Paguyuban SRC berpartisipasi dalam kegiatan Festival SRC Indonesia ini, bersama sejumlah UKM lainnya.

Penyelenggara acara yang merupakan pelaku UKM adalah Ketua Paguyuban SRC Palembang, Darmanto mengatakan, antusias menyelenggarakan acara ini dan mengajak masyarakat untuk berbelanja di toko kelontong sebagai satu upaya mendongkrak perekonomian kerakyatan dari sudut pandang pelestarian tradisi dan budaya.

“Toko Kelontong merupakan peninggalan budaya perdagangan tradisional Indonesia yang sarat akan nilai-nilai budaya, yang merepresentasikan kekuatan sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu,” ungkapnya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda