Sosialisasikan Tahapan Pilkada Serentak 2020, KPU Sekadau Akan Gandeng Media

229
Komisioner KPU Sekadau dalam kegiatan sosialiasi pilkada serentak 2020 bersama wartawan. (BERITAANDA)

SEKADUA-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau, Senin (25/11/2019) siang, mengadakan sosialisasi pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sekadau 2020 kepada wartawan media. Dilangsungkan di aula kantor KPU setempat.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd mengatakan, tahapan pilkada serentak 2020 telah berjalan sesuai PKPU 15 Tahun 2019. Tapi kedepan diperkirakan ada perubahan.

Beberapa tahapan pilkada serentak yang telah dilaksanakan KPU Sekadau seperti, penerimaan MoU NPHD, sosialisasi pemilihan pilkada serentak sejak 1 November 2019 melalui laman KPU dan pribadi Komisioner KPU, serta penetapan dukungan minimum calon perseorangan.

“Tahun 2020, kami akan memulai pembentukan Badan Adhock di tingkat kecamatan (PPK) dan PPS (di tingkat desa). Sedangkan KPPS dibentuk 1 bulan sebelum pungut hitung,” terang Saban.

Selain itu, kata dia lagi, pihaknya akan melaksanakan launching pilkada serentak 2020 kepada masyarakat luas. Tahapan yang lebih rinci akan dilaksanakan pada tahun depan.

“Peran media dirasakan penting bagi penyelenggara pemilu, dalam rangka menyampaikan informasi tahapan serta kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU,” jelas Saban.

Komisioner KPU lainnya, Gita Rantau S.Sos menjelaskan, bahwa program sosialisasi KPU bersama media ini merupakan yang kedua kalinya, setelah sosialisasi melalui stand pameran di MTQ Kecamatan Nanga Mahap.

“Partisipasi pemilih pada pemilu 2019 berhasil melampaui target KPU RI sebesar 77,7 persen, yakni menyentuh 85 Persen. Angka ini menjadi tantangan KPU untuk mempertahankan atau meningkatkan,” papar Gita.

Hasil evaluasi KPU provinsi dari 14 kabupaten/kota, KPU Kabupaten Skadau mendapat predikat transparansi terbaik kedua. Dikarenakan adanya kerjasama KPU dan media pada pemilu 2019 kemarin.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog interaktif antara Komisioner KPU Sekadau dan wartawan media cetak, online dan elektronik yang bertugas di Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda