Soekirman Hadiri Musda IV DP MUI Sergai Periode 2019 – 2024

387

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri musda IV DP MUI Sergai periode 2019-2024, Ahad (17/11/2019), bertempat di aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin.

Bupati mengatakan, MUI merupakan wadah yang menghimpun para ulama, zu’ama dan cendikiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama.

“Cita-cita tersebut diantaranya merajut kebersamaan atas dasar ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah dan insaniyah dalam ikhtiar menjaga kesatuan NKRI, kesatuan dan kerukunan nasional demi terwujudnya umat Islam yang berkualitas dan berkarakter Islam rahmatan lil alamin. Tantangan umat Islam dari hari ke hari semakin berat dan komplek, antara lain didominasi budaya barat dengan ideologi liberalisme dan kapitalisme yang dengan berbagai upaya dipaksakan berlaku di negeri-negeri lain termasuk Indonesia,” jelas dia.

“Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menggoyahkan batas etika dan moral sekaligus budaya global, serta didominasi barat dan bercirikan pendewasaan diri serta nafsu syahwatiyah yang potensial melunturkan aspek religiusitas masyarakat sekaligus meremehkan pesan agama dalam kehidupan umat manusia,” tambah dia.

Ia berharap bahwa MUI harus dapat berperan sebagai pewaris tugas-tugas nabi dalam penyebaran agama Islam, serta memperjuangkan terwujudnya kehidupan yang arif dan bijaksana.

“MUI sebagai pelayan umat harus tampil di depan dalam membela dan memperjuangkan aspirasi umat Islam. Kemudian MUI juga harus berperan sebagai wahana penegakan amar ma’ruf nahi mungkar,” jelas dia.

Ia berpesan kepada pengurus MUI yang akan terpilih nantinya mampu membawa organisasi ini kepada perwujudan visi dan misi, sekaligus mampu menyikapi berbagai perkembangan situasi dan persoalan umat di era milenial.

Sementara Ketua DPRD Sergai dr Rizki Ramadhan Hasibuan mengatakan, acara ini merupakan upayah merajut ukhuwah Islam di Sergai.

“Keberadaan MUI sangat membantu pembangunan pemerintah daerah, oleh sebab itu saya berharap MUI dalam menyusun program kerja dapat melihat juga rencana pembangunan jangka menengah daerah yang ditetapkan pemerintah daerah bersama DPRD,” tegas dia.

“Jika program kerja MUI sejalan dengan rencana kerja pemerintah daerah, maka sinergi dan dukungan bagi kedua belah pihak akan membawa keuntungan bersama. Dengan diselenggarakannya musda IV DP MUI Kabupaten Sergai ini memiliki makna yang strategis sebagai wujud penyehatan dan pengembangan organisasi. MUI Sergai kedepannya harus mampu menyumbangkan pemikiran, ide yang cemerlang, dan mampu berkiprah dalam pembangunan, khususnya pembangunan moral dan akhlak,” pungkas dia.

Ketua panitia kegiatan H. Ibrahim Khalil, S.Pd.I menyebutkan, musda IV DP MUI Sergai bertujuan meningkatkan, mengevaluasi kinerja pengurus DP MUI Sergai masa khidmat 2014-2019. Kemudian Menyusun program kerja, memilih pengurus DP MUI, memberikan sumbangan pikiran kepada umat Islam dan bangsa, khususnya penguatan Pancasila dan menangkal ideologi komunis serta radikalisme.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 80 orang peserta dari DP MUI, ketua organisasi kemasyarakatan, pimpinan pondok pesantren dan DP MUI Provinsi Sumut. Sedangkan hasil dari musda IV tersebut terpilih sebagai Ketua MUI Sergai periode 2019 -2024 menggantikan H Lukman Yahya adalah H Hasful Huznain, SH, sekretaris H. Elmis, SH, dan bendahara H. Jumrik.(Dipa)

Bagaimana Menurut Anda