SMA BA Targetkan 80 Persen Alumninya Diterima PTN

224

MUARA ENIM, BERITAANDA – SMA Bukit Asam (BA) optimis target 80 persen siswa lulusan tahun ajaran 2018-2019, akan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala SMA BA Tenny Dahyani SPd pada acara serah terima perserta didik kelas XII SMA Bukit Asam tahun pelajaran 2018-2019, di gedung serba guna SMA BA, Tanjungenim, Muara Enim, Rabu (10/4/2019).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Muara Enim Ahmad Yani, Ketua Bukit Asam Foundation Julismi, Kadisdik Sumsel yang diwakili Pengawas Pembina Yanina, Kadisdik Muara Enim diwakili Kepala Bidang GTK Winarto, para wali murid dan undangan.

Tenny Dahyani mengatakan, bahwa lima tahun terakhir ini jumlah kelulusan SMA BA diterima di PTN terus meningkat. Mulai dari tahun 2015 lalu, sebanyak 65 persen siswanya diterima diberbagai PTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian tahun ini, SMA BA menargetkan 80 persen alumninya diterima di PTN.

Tahun ini, lanjut Tenny, dari 163 siswa yang lulus sekolah, yang sudah diterima di program SMPTN ada 21 persen. Ada 3 siswa yang masih menunggu pengumuman program beasiswa ke Turki. Besar harapan kami tahun ini siswa diterima di PTN ditargetkan 80 persen. Tahun 2015 lalu, yang terserap di PTN sebesar 65,7 persen, dan 1 orang mendapat beasiswa ke China. Selain itu ada yang masih mengikuti tahapan tes Bintara dan Akpol.

“Mudah-mudahan ilmu yang didapatkan bisa menjadi bekal meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya, dalam rangka menggapai cita-cita dan jagalah nama baik almamater,” terang Tenni.

Ketua Bukit Asam Foundation Julismi menjelaskan bahwa yayasan terus berkomitmen dalam meningkatkan pengelolaan lembaga pendidikan binaannya. Setelah sukses mengembangkan PAUD, SMA, dan SMK BA, kami juga akan membangun sekolah tingkat SD dan SMP di Tanjungenim.

“Kami bangga ini pertama kali bupati bisa hadir di acara serah terima siswa. Dan sepanjang sejarah di SMA BA ini pertama kalinya,” ungkap Julismi.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM menyampaikan apresiasi mengenai keberhasilan Yayasan Bukit Asam dalam mengembangkan pendidikan di lingkungannya. Namun rencana PTBA akan membangun pendidikan tingkat SD dan SMP, supaya kualitasnya ditingkatkan, terutama di bidang agamis.

Sebab kedepan, persaingan semakin berat. Sebentar lagi akan masuk bonus demografi usia produktif sehingga benar-benar harus menyesuaikan. Harapannya, dalam perkembangannya bisa bersinergi dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang agamis, berdaya saing, sehat, mandiri, dan sejahtera.

“Harapan kami, jam agama bisa ditambah dalam rangka membangun karakter siswa yang agamis. Selain ilmu akademik, membangun ilmu mental spiritualnya juga bisa ditingkatkan,” ungkapnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda