Siswa Peserta Heking Pramuka SMPN 1 Payaraman Diberi Sertifikat oleh Prajurit TNI Ini

793
Serka Tri Kurniawan dan siswa peserta heking yang mendapat sertifikat dan penghargaan foto bersama di lapangan SMPN 1 Payaraman.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Selain rutinitas Senin pagi, dalam upacara penaikan bendera di halaman SMPN 1 Payaraman Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir (OI) kali ini juga dirangkai dengan kegiatan penyematan penghargaan tanda kecakapan khusus (TKK) dan tanda kecakapan umum (TKU) kepada anggota Pramuka Penggalang di sekolah ini yang mengikuti kegiatan heking atau jelajah alam yang diadakan pada Ahad (3/3/2019) lalu.

Diwawancarai usai kegiatan upacara, Serka Tri Kurniawan selaku ketua pelaksana kegiatan didampingi rekannya dari Koramil 402-06/Tanjung Batu yakni Koptu Sutriono mengatakan, pemberian penghargaan serta sertifikat ini adalah layak diberikan kepada Penggalang Pramuka di sekolah tersebut. Baik tingkat ramu, rakit maupun terap. Dimana kegiatan heking bertemakan ‘cinta alam’ tersebut telah diikuti dengan baik oleh peserta.

“Disela kegiatan upacara bendera ini, secara simbolis kita berikan penghargaan dan sertifikat kepada peserta heking kemarin, yakni Venia Insani dari Penggalang Ramu, Rakit yaitu Ria Juniana, dan Terap Wahyu Izzati. Sedangkan untuk TKK pengamatan kita berikan kepada Widi dan Agit,” ujarnya, Senin (11/3/2019).

Adapun peserta jelajah alam itu, sambungnya, diikuti sebanyak 44 peserta. Tujuannya untuk  mengembleng siswa agar kuat, baik secara fisik maupun mental, dan membentuk generasi penerus bangsa cinta tanah air yang cerdas dan berwawasan kebangsaan.

“Lewat kegiatan kepramukaan inilah salah satunya bisa mengkaderisasi mereka untuk kedepan menjadi penerus bangsa yang tangguh. Juga selain disini, kita juga ada kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika yang memang menjadi salah satu kegiatan dari TNI Angkatan Darat,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Payaraman Oskar Yeri mengakui kalau adanya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolahnya yang juga dibina oleh pihak TNI itu, membuat pihaknya senang. Sebagai pendidik, keterlibatan TNI juga diharapkan bisa membuat anak didiknya makin disiplin dan bertambah pengetahuan di luar bangku sekolahnya itu.

“Tentunya kita berharap kerjasama seperti ini makin terjalin, apalagi prajurit TNI diketahui mempunyai kedisiplinan yang tinggi. Kita ingin ‘virus’ baik tersebut bisa tertular kepada anak didik kami. Kemudian saya juga selalu menghimbau agar siswa bisa mengikuti kegiatan seperti dalam kepramukaan tersebut, mengingat banyak sekali hal positif yang bisa didapat,” terangnya.

Tampak salah satu peserta mendapat tanda kecakapan khusus dan umum atas partisipasi dalam kegiatan heking beberapa waktu lalu.

Masih dari kegiatan ini, Wahyu Izzati yang merupakan siswa kelas IX yang mendapat penghargaan kepangkatan dalam Pramuka tingkat Terap menyatakan kebanggaannya atas keikutsertaan dalam ekskul pramuka ini. Menurutnya, ia banyak dapat ilmu dan sedikit demi sedikit membentuk kedisiplinannya.

“Kegiatan kepramukaan itu asyik, bisa berlatih kekompakan, disiplin. Dan juga dapat banyak pelajaran, baik teori maupun praktek. Juga dengan adanya kegiatan heking, kami lebih bisa lagi mencintai alam sekitar,” pungkas dia didampingi teman-temannya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda