Silaturahmi di DMI Sekadau, Norsan Minta Umat Makmurkan Masjid

300

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Puluhan orang dari berbagai ormas Islam dan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sekadau, Rabu (27/3/2019) malam, berkumpul di Masjid Besar Al – Falah Sekadau Hilir.

Kehadiran mereka untuk bersilaturhami dengan H.Ria Norsan MH MM selaku Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) DMI Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Kehadiran Ria Norsan juga didampingi ketua harian dan sekretaris DMI Kalbar, serta disambut oleh Sekda Kabupaten Sekadau Drs.H.Zakaria M.Si dan Ketua DMI Sekadau H.Muhamad Hasbi S.Si.M.Si.

Hasbi dalam laporannya menjelaskan, bahwa DMI Kabupaten Sekadau sejak tahun 2016 menyusun dan mengadakan kegiatan di masjid-masjid. Diantaranya safari Subuh di masjid dan surau di Kabupaten Sekadau, serta mengadakan safari Subuh di luar kota.

“Program lainnya adalah pelatihan imam dan khotib,” ungkap Hasbi.

Sementara Sekda Sekadau Zakaria mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam rangka pembangunan umat pada tahun 2020 akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kalbar.

“Saat ini dalam proses penataan lokasi pelaksanaan di lahan di GOR Pemkab Sekadau,” kata Zakaria.

Zakaria juga menjelaskan bahwa pemkab berkerjasama dengan DMI Kabupaten Sekadau untuk menyalurkan dana hibah bagi masjid-masjid.

H.Ria Norsan yang juga Wakil Gubernur Kalbar ini mengingatkan agar pembangunan fisik masjid diimbangi dengan jemaah.

“ Agar ada keseimbangan pembangunan fisik dengan jemaah yang memakmurkan masjid,” pesan Norsan.

Ia berharap agar DMI di tingkat kabupaten dapat menata masjid agar jemaah tertarik untuk melaksanakan sholat di masjid-masjid.

“Saat ini, DMI Kalbar memiliki program management masjid agar kedepannya masjid menjadi peradaban, pengembangan, perkumpulan, dan kegiatan keagamaan umat Islam lainnya. DMI juga harus bisa  merangkul semua ormas Islam yang ada dan tidak bertentangan, dikarenakan perbedaan khilafiah,” tambah Norsan.

Selain melakukan silaturahmi, Norsan dan pengurus DMI Kalbar juga mengadakan sholat Subuh berjamaah serta menyampaikan kultum. Pada pagi harinya membuka musrenbang Pemkab Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda