Serap Usulan dari Desa, Kecamatan Payaraman Gelar Musrenbang

319
Camat Payaraman dan pihak Bappeda OI dalam kegiatan musrenbang di aula Kecamatan Payaraman.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Pemerintah Kecamatan Payaraman dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) beserta kepala desa (kades) dan lurah se-Kecamatan Payaraman gelar musyawarah rencana pembangunan (musrenbang), Rabu (20/2/2019). Bertempat di aula perkantoran kecamatan setempat.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, dikatakan Camat Payaraman H. Ahmad Toriq, untuk menyerap berbagai usulan dari desa dan kelurahan guna percepatan pembangunan di wilayah pedesaan dan kelurahan tersebut.

Dirinya menghimbau agar para kades ataupun lurah untuk tak sungkan mengusulkan rencana pembangunan di desa masing – masing.

“Yang sifatnya penting silakan usulkan. Usulan yang masuk dalam musrembang ini nanti akan dikaji lagi di musrenbang tingkat kabupaten. Mudah – mudahan apa yang menjadi prioritas bisa segera terealisasi,” ucap Camat Payaraman di depan seluruh kades dan lurah dalam kecamatan ini.

Senada dengan Camat Payaraman, Ir. Alexander Herman selaku Kepala Bidang Pembangunan (Kabid Pem) Bappeda Ogan Ilir, turut mengajak agar apa yang menjadi prioritas diusulkan dalam forum ini. Karena sesuai dengan tema pemerintah, yakni ‘meningkatkan kualitas infrastruktur pedesaan dan perkotaan yang berkesinambungan’, maka baik secara lisan maupun tertulis hendaknya usulan disampaikan sedemikian rupa.

“Tidak keluar dari koridor rencana yang ada, supaya apa yang disampaikan cepat terealisasi. Usulan yang dimaksud tak hanya melulu infrastruktur bangunan saja, bisa juga peningkatan infrastruktur ekonomi, pengurangan kemiskinan, kesehatan, dan lain-lain. Kami berharap dalam hal ini para kades dan lurah berperan ekstra,” ujarnya.

Beberapa perwakilan peserta yang mengikuti kegiatan musrenbang Kecamatan Payaraman.

Pantauan media ini, dalam kegiatan tersebut banyak berbagai usulan masuk. Diantaranya dari Kadesb  Tebedak II Jamhuri yang mengusulkan agar gedung SDN 03 Payaraman yang berlokasi di desa mereka untuk direnovasi. Mengingat beberapa ruang yang ada di sekolah itu sudah tak layak pakai dan beresiko ganggu aktifitas belajar mengajar.

Turut hadir dalam musrenbang ini antara lain Robin (Dinas PMD), Kapospol, Bhabinsa Koramil Tanjung Batu dan Payaraman, dan puluhan undangan lainnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda