Serap Masukan Tahapan Distribusi Logistik Pemilu, KPU Sekadau Gelar Rakor Bersama

806

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Menjelang pendistribusian logistik pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau mengadakan rakor penatausahaan dan pendistribusian logistik pemilu 2019 yang diikuti oleh Komisioner Bawaslu dan unsur forkopinda serta aparat keamanan, Kamis (7/2/2019).

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban menyatakan, sampai dengan saat ini beberapa jenis logistik sudah didistribusikan dan ditempatkan di gudang KPU.

“Logsitik yang sudah ada seperti bilik suara, formulir dan perlengkapan lainnya,” jelas Saban.

Lanjut dia, KPU RI saat ini mulai mendistribusikan surat suara ke kabupaten dan kota. Sedangkan untuk KPU Sekadau diperkirakan akan didistribusikan secara langsung oleh KPU RI pada bulan Maret mendatang.

Proses pendistribusian logistik pemilu ke kecamatan nantinya, dijelaskan Saban, dengan mekanisme pendistribusian ke kecamatan terjauh, seperti Belitang Hulu. Selanjutnya Kecamatan Belitang, Belitang Hilir, Nanga Mahap, Nanga Taman dan Sekadau Hulu. Terakhir di Kecamatan Sekadau Hilir.

Mengenai potensi hambatan dalam pendistribusian logistik, KPU sudah membuat pemetaan dan perkiraan hambatan dari berbagai faktor. Untuk itu KPU memerlukan dukungan pihak-pihak terkait.

Sementara itu, Danramil XV Sekadau Hilir Kapten Inf.Indra F.Chaniago mengatakan bahwa TNI dalam pengamanan pemilu bersifat back up untuk personel kepolisian.

“Dalam pengamanan pemilu, nantinya akan ada BKO personel TNI menjelang hari pemilihan,” kata Indra.

Indra juga menyoroti mengenai perlunya antisipasi pendistribusian logistik pemilu pada saat ke pedalaman yang akses jalannya rusak. Seperti di Desa Semabi, Timpuk dan Landau Kodah di  Kecamatan Sekadau Hilir.

Sedangkan Komisioner Bawaslu Teodorus Sutet menyatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan melekat pada logistik pemilu, baik pengepakan dan pendistribusian.

“Kalau bisa KPU membuat jadwal data rill kegiatan dalam proses logistik pemilu,” saran Sutet.

Dalam rakor ini, berbagai masukan dan saran diungkapan peserta rapat kepada Komisioner KPU, guna memperlancar proses pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda