Satgas TMMD Kodim 0212/TS dan Disdukcapil Palas Gelar Penyuluhan

184

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/TS yang salah satunya adalah non fisik, Satgas TMMD memberi asistensi dan penyuluhan di Balai Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Palas, Rabu (17/7/2019).

Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS Letkol inf. Akbar Nofrizal Yusananto, SIP diwakili Pasiter Satgas Lettu Inf. Syaiful Abdi bertindak langsung membuka acara penyuluhan yang diikuti dan dihadiri oleh warga setempat dan sejumlah pemateri.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Padang Lawas (Palas), Darwin Lubis menjelaskan, materi penyuluhan meliputi seputar pelayan publik dan kelengkapan administrasi kependudukan.

Selain itu, materi yang dipaparkan ialah tata cara kepengurusan dan manfaat administrasi kependudukan, seperti kartu keluarga, KTP, akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan bagi non moslim, dan lain sebagainya.

“Kelengkapan administrasi kependudukan seperti kartu keluarga (KK), KTP maupun akte kelahiran sangat bermanfaat khususnya pada waktu melengkapi berkas mendaftar sekolah anak, melamar kerja bahkan sampai mengurus perkawinan,” jelasnya.

Menurut dia, admininstrasi kependudukan sangat vital, jika ada kesalahan data ataupun penulisan nama, maka bisa menyebabkan tidak sinkronnya data. Karena, saat ini pendataan menggunakan sistem komputerisasi.

Kegiatan berlanjut dengan sesi tanya jawab. Dan, dipenghujung kegiatan tim penyuluh (Disdukcapil) mengajak semua pihak ikut serta mensukseskan kegiatan TMMD. Memberikan dukungan kepada TNI, khususnya Satgas TMMD yang berupaya membangun Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda