Pembangunan Kolam Renang Desa Mekar Jaya Disorot Warga

1054

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Pembangunan kolam renang yang berada tepat di posisi bantaran sungai Manggar dengan menggunakan anggaran dana desa (DD) ratusan juta rupiah menimbulkan berbagai pertanyaan dari masyarakat, LSM maupun dari berbagai awak media, Rabu (17/7/2019).

Ketua LSM FPM Belitung Timur Ramli Arbai’e mengatakan, pembangunan kolam renang itu apakah sudah mencukupi syarat spesifikasi teknis sesuai standar.

“Ya kita lihat dari bentuk kolam renang ini sepertinya diduga tidak memenuhi standar spesifikasi teknis layaknya kolam renang pada umumnya. Lihat saja dari lantai dasar kolam seperti itu mendatar lurus, serta ketentuan kedalamannya,” jelas dia.

“Belum lagi kita lihat dari sisi kegunaannya, apakah sudah tepat sasaran. Dimana kita lihat disebelahnya ada bangunan kumuh dan berbau,” kata Ramli kembali menegaskan.

Sementara Ketua LSM LAKI Cabang Belitung Timur menyoroti penempatan lokasi yang berada di bantaran sungai serta di kawasan hutan mangrove.

“Kita lihat saja ini, yang dibangun di pinggiran sungai Manggar alias di pinggir DAS (daerah aliran sungai) apakah boleh. Belum lagi jika kita bicara hutan mangrove disekitarnya,” tegas Sukardi.

Sementara itu saat ditemui di kantornya, Kades Mekar Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Beltim Samsudin mengatakan, di kolam renang tersebut akan kita jadikan wahana wisata sungai mangrove.

“Kita juga membangun itu buat budi daya kepiting dan ikan. Untuk bekas pindahan pasar sementara itu nanti akan kita bangun water boom, serta dijadikan tempat pusat jajanan kuliner dan sovenir,” kata Samsudin kepada awak media dan LSM. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda