Sambut Ramadhan, Tradisi Warga RT 30 Sungai Ringin Hiasi Kampung

806
Warga yang bekerjasama menghiasi kampung Ramadhan di RT 30 Sungai Ringin Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau. (BERITANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Berbagai macam cara dilakukan warga untuk menyambut dan menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah tahun ini. Seperti yang dilakukan warga RT 30 Sungai Ringin Sekadau Hilir yang menghiasi jalan di pemukiman warga dengan gerbang dan lampu hias.

Alhasil, jalan di sepanjang RT tersebut saat ini terlihat indah dan gemerlap saat malam menjelang. Kilauan lampu berwarna-warni terlihat berserakan sepanjang jalan.

Dalam menjadikan pemukiman padat itu jadi gemerlap, warga secara bergotong-royong menghiasi dengan dipimpin Ibon selaku ketua RT setempat.

Kegiatan menghiasai komplek ini dilakukan pada sore dan malam hari, agar dapat mengumpulkan warga setempat, dikarenakan pada siang hari warga bekerja.

“Ini sudah menjadi tradisi kami di RT 30 setiap tahun jelang Ramadhan,” ungkap Ibon, Senin (13/5/2019).

Ia menjelaskan, tujuan dari menghiasi komplek dan perkampungan warga tersebut untuk menambah  semarak nuansa Ramadhan. Kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi dan dukungan warga serta perangkat Desa Sungai Ringin.

“Warga antusias, setiap tahun kita ajak warga kerjasama menghiasi jalan dan komplek perkampungan di RT kita,” tambah Ibon.

Tak hanya itu, warga di RT 30 ini juga memiliki tradisi bersih-bersih komplek rumah dan pemakaman muslim setempat diawal Ramadhan pada sore hari.

“Jadi komplek kita terasa bersih dan juga pemakaman yang biasanya jelang hari raya banyak dikunjungi warga untuk ziarah menjadi asri,” pungkas Ibon. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda