Safari Jurnalistik PWI Tubaba 2018 Hasilkan Saran Untuk Tidak Menanggapi Wartawan yang Belum UKW

18

TUBABA-LAMPUNG, BERITAANDA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulang Bawang Barat [Tubaba] sarankan agar aparatur tiyuh tidak menanggapi maupun memberikan komentar seputar informasi terkait penggunaan dana desa (DD) kepada wartawan yang belum mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Siti Fatimah selaku Sekretaris Tiyuh Marga Jaya Indah Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat, Senin (15/2), di kediamannya ketika dimintai keterangan informasi seputar penggunaan dana desa (DD).

“Maaf saya tidak bisa menjawab, soalnya saran dari PWI Tulang Bawang Barat setelah safari jurnalistik tahun 2018 lalu untuk tidak berkomentar maupun menanggapi kalau wartawan belum UKW,” kata Siti Fatimah.

Menurutnya, hasil dari kegiatan safari jurnalistik pada tahun 2018 silam menguatkan mereka untuk tidak memberikan komentar maupun tanggapan kepada wartawan yang belum mengikuti UKW.

Namun ketika dimintai keterangan terkait mandat dari saran usulan untuk tidak menanggapi tersebut, dirinya tidak bisa menjelaskan.

Terpisah, Edi Zulkarnain selaku Ketua PWI Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui selulernya, Senin (15/2) menegaskan, bahwa pihaknya tidak pernah menyarankan hal tersebut.

“Kalau soal PWI mengeluarkan statemen tentang narasumber berhak menolak, saya merasa tidak pernah mengeluarkan statemen itu, dan saya rasa sampai dengan saat ini belum ada aturan baku mengenai hal tersebut. Tetapi kita juga sebagai jurnalis dituntut untuk bekerja profesional sebelum melakukan konfirmasi, sebaiknya kita harus memperkenalkan diri dulu dari media apa, tujuannya apa, kemudian tunjukan tanda pengenal,” balas Edi.

Menurutnya, tertutupnya aparatur tiyuh seputar informasi kegiatan pembangunan serta penggunaan dana desa merupakan kebijakan dan kewenangan pihak tiyuh.

“Kalaupun memang pihak tiyuh tidak ingin memberikan informasi pembangunan atau pun penggunaan dana desa itu kebijakan merekalah, secara ini saya tidak pernah, ngapain saya harus mengatur,” tegasnya.[Remi]

Bagaimana Menurut Anda