Ratusan KPPs di Sekadau Ikuti Simulasi Pungut Hitung Pemilu 2019

239

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Ratusan Petugas Kelompok Penyelenggara Penguatan Suara (KPPs) dari Desa Sungai Ringin dan Mungguk Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (6/4/2019) pagi, melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara pemilu 2019. Bertempat di Terminal Lawangkuwari Sekadau.

Proses pemungutan dan penghitungan suara tersebut disaksikan langsung Komisioner KPU, Bawaslu dan Kapolres Sekadau, serta mendapatkan pengamanan dari puluhan petugas kepolisian.

Pemilihan berjalan dengan aman dan tertib sejak pukul 08.00 Wib pagi sampai dengan menjelang siang dilakukan perhitungan hasil dari pemungutan suara.

Proses pungut hitung itu bagian dari simulasi penguatan dan perhitungan suara pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU Sekadau. Simulasi tersebut melibatkan KPPs sebagai penyelenggara maupun peserta pemungutan suara.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd mengatakan, pihaknya juga mengundang masyarakat untuk melihat secara langsung proses dan tahapan – tahapan dalam pungut hitung suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Simulasi ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh, sesuai tata tata cara pada hari pemilihan 17 April mendatang,” ujar Saban.

Sedangkan tujuan simulasi tersebut adalah untuk mengetahui tata cara dan pemungutan suara pada hari pemilihan, terutama bagi Kpps. “Juga menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa penyelenggara pemilu siap melaksanakan pemungutan suara serta pungut hitung pada hari pemilihan,” tambah Saban.

Dalam prosesnya, simulasi berjalan lancar dengan beberapa orang petugas KPPs menjadi petugas di TPS, dan puluhan petugas KPPs lainnya sebagai masyarakat yang mengantri untuk memberikan hak suara di TPS.

Sedangkan surat suara yang digunakan adalah surat suara yang dicetak khusus dengan isi gambar peserta pemilu berupa gambar buah-buahan. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda