Ratusan Aparat Gabungan Siap Amankan Pemilu 2019 di Sekadau

162

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Ratusan aparat gabungan terdiri dari, TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Pegunungan serta Pemadam Kebakaran, Ormas dan Pramuka, Jumat (22/3/2019) pagi, mengikuti apel gelar pasukan pengamanan pemilu 2019 di Kabupaten Sekadau.

Gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres itu juga dihadiri tokoh masyarakat, Ketua KPU dan Bawaslu serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salasar Tarmizi S.Ik selaku inspektur upacara yang membacakan amanat Menkopolhukam mengatakan, bahwa Pemilu 2019 merupakan sejarah, karena dilaksanakan secara serentak dan menjadi sorotan dunia.

“Sukses atau tidaknya demokrasi dalam pemilu tergantung pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung,” ujar AKBP Anggon Salasar Tarmizi S.Ik.

Dikatakan Anggon, tak hanya peserta pemilu (parpol dan caleg), namun juga penyelenggaraan pemilu (KPU dan Bawaslu) diharapkan mampu berlaku adil.

Dijelaskan dia, pemilu 2019 merupakan sarana untuk menentukan wakil rakyat dan pemimpin bangsa, bukan untuk menjadi ajang konflik satu dan lainnya. Momentum ini adalah momentum adu kompetensi dan visi misi, bukan beradu fisik.

“Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan indeks kerawanan pemilu di setiap daerah, baik di sisi keamanan dan penyelenggaraan, serta situasi kondusif di masyarakat,” tambah Anggon.

Dalam pemilu 2019, kata dia, dirasakan meningkatnya penyebaran berita hoax dan politik identitas yang dapat merusak kondusifitas di masyarakat.

“Penyebaran berita hoax dan politik identitas merupakan bentuk teror dan menyebabkan ketakutan di masyarakat, sehingga harus diambil sikap tegas. Sebagai prajurit TNI-Polri, menyadari bahwa tugas pengamanan pemilu 2019 merupakan kehormatan bangsa untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,” pinta Kapolres.

Dalam apel diadakan pengucapan deklarasi pemilu damai oleh ormas yang hadir serta dilanjutkan dengan pemberian tanda tangan mendukung pemilu kondusif oleh peserta apel. Dan terkahir show force pasukan pengaman dan ormas dengan kendaraan roda dua dan empat di Kota Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda