Rapat Pleno Rekapitulasi PPK Diundur, Ini Alasan KPUD OI

377
Ilustrasi

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Seyogyanya digelar pada hari Sabtu (20/4/2019) kemarin, rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akhirnya akan dilaksanakan pada hari Selasa (23/4/2019) mendatang.

Bukan tanpa alasan, pasalnya proses pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April lalu sangat banyak menguras energi dan pikiran, sehingga petugas KPPS maupun PPK perlu melakukan colling down (pendinginan) agar pada saat rapat pleno juga bisa berkegiatan dengan baik.

Hal ini dikatakan oleh Ketua KPUD OI Massuryati melalui Kepala Divisi Tekhnis Penyelenggaraan, Robi Ardiansyah.

Dijelaskannya, kegiatan di TPS diketahui sangat menguras energi, makanya rapat pleno juga diundur, agar tidak terlalu membebani pikiran dan tenaga petugas PPK.

“Tentunya ini bukanlah persoalan, apalagi waktu juga cukup panjang yakni dari 18 April sampai dengan 4 Mei nanti. Jadi jeda yang cukup panjang tersebut bisa dijadikan kesempatan buat kawan-kawan untuk rehat sejenak,” ujar Robi kepada BERITAANDA melalui sambungan telepon, Ahad (21/4/2019).

Ditanyakan perihal keamanan kotak suara atau resiko dari adanya kebocoran suara di PPK, apalagi ada jeda cukup panjang tersebut, Robi mengatakan bahwa pihak-pihak terkait misalnya timses peserta pemilu, tidak perlu khawatir.

“Memang kita maklum, dan kita sempat mendengar kalau adanya pengunduran waktu rapat pleno rawan kebocoran dan lain-lain, kami pastikan itu tidak benar. Perlu diketahui kotak suara disimpan dalam gudang, dan gudang tersebut ada tiga kunci. Kunci pertama PPK, kemudian Panwaslu, dan terakhir pihak kepolisian. Artinya tak perlu khawatir, kotak suara dan isinya aman,” pungkas Robi. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda