Ralali.com Resmi Masuk Palembang, Lakukan MOU dengan Pemkot

274

PALEMBANG, BERITAANDA – Ralali.com yang merupakan situs e-commerce B2B (grosiran/kulakan) pertama dan terbesar di Indonesia, dan telah memulai ekspansinya ke luar pulau Jawa, bahkan secara regional sudah merambah negeri gajah putih Thailand. Kini menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang untuk mengembangkan UKM di Palembang.

Joseph Aditya, pendiri sekaligus CEO Ralali.com mengatakan, ia percaya UKM di Indonesia merupakan ujung tombak perekonomian bangsa, kami berkomitmen penuh untuk membantu dengan mendigitalisasi pasar grosir online di Indonesia dengan teknologi.

Menurut dia, sukses itu bukan hanya dinikmati sendiri tapi juga bersama mitra dan UKM. Dia melihat banyak sekali UKM di Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, sehingga harus dirangkul agar maju bersama.

“Kecamatan Kalidoni sebagai pilot project pertama di Palembang dengan jumlah 5 ribu UKM siap dirangkul Ralali.com,” ujarnya, Rabu (16/1/2018).

Aditya mengatakan, dipilihnya Kecamatan Kalidoni sebagai percontohan karena kecamatan ini sudah melek teknologi dan camatnya juga sangat mendukung digitalisasi ekonomi. Terbukti dengan telah adanya platform belanja online juga.

“Kami juga berterimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Palembang yang mensupport kehadiran Ralali.com, bahkan ingin kami segera action,” tambahnya.

Hendra Setyadi Putra, Business Transformasion Expert yang juga merupakan partner local Ralali.com mengatakan, program BIG agent (business innovation group) yang berjalan pada saat ini telah mendapatkan impact positif dari para mitra grosiran dengan promo campaign, dan kemudahan bertransaksi, baik dari situs web maupun mobile apps Ralali.com dengan transaksi yang terus tumbuh dari hari ke hari.

“Pelatihan big agent kepada satker Kecamatan Kalidoni telah dilakukan pada tanggal 12 Desember 2018, dan akan diadakan pelatihan bertahap baik untuk satker maupun masyarakat/karang taruna yang ingin  meningkatkan kemampuan kewirausahaan maupun memperoleh penghasilan tambahan, terutama bagi para pelaku grosir dan UKM,” lanjut Hendra.

Ke depannya, program ini juga akan dikembangkan ke area-area Provinsi Sumsel lainnya (Palembang khususnya) untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah.

Arie Wijaya selaku Ketua Bakorwil Suta Nusantara Sumsel yang juga Kepala Camat Kalidoni menuturkan, nantinya dengan adanya program ini akan ada satu jendela aplikasi bagi UMKM yang ada, yang menghubungkan antara pelaku usaha dan konsumennya, dengan kemitraan antara Kecamatan Kalidoni dan Ralali.com

Arie menambahkan, pasar UKM yang ada di Kecamatan kalidoni sendiri total mencapai 5.000 pelaku usaha, termasuk makro dan mikro. Jumlah yang banyak ini sangat potensial menjadi rekanan Ralali.com sehingga bisa mengembangkan usaha masyarakat.

Aplikasi belanja online box belanja yang telah dikembangkan Kecamatan Kalidoni sejak tahun lalu nantinya juga akan menjadi bagaian Ralali.com, sehingga masyarakat yang akan belanja kebutuhan sehari-sehari akan lebih beragam, karena selama satu tahun box belanja diujicobakan telah menyediakan 150 jenis kebutuhan rumah tangga mulai sembako, sayur hingga daging juga ayam.

“Visi misi Ralali.com mengembangkan UMKM sangat sejalan dengan program pemkot dan kami sangat mendukung itu,” kata Arie Wijaya. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda