Rakerda PKK Sergai Dibuka Bupati Soekirman

142

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Kabupaten Serdang Bedagai dibuka oleh Bupati Ir. H. Soekirman di aula Sultan Serdang, komplek kantor bupati setempat, Jumat (15/11/2019).

Ketua TP PKK Sergai Hj. Marliah Soekirman menjelaskan, seiring dengan perkembangan waktu dan berbagai hasil kegiatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) selama periode 2010-2015, perlunya peningkatan sistem komunikasi, informasi, sosialisasi, fasilitasi, publikasi serta peningkatan kemitraan dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta, serta lembaga/organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Melalui rakerda tahun 2019 ini, marilah kita merefleksikan dan mengevaluasi bersama program kerja yang kita laksanakan, baik kebijakan umum maupun teknis. Rakerda yang kita laksanakan ini adalah sebagai informasi yang harus kita ketahui, baik berupa hasil-hasil keputusan, perubahan maupuan hasil rapat yang harus kita sosialisasikan ke desa atau kelurahan. Informasi ini sangatlah penting karena hasil rakerda ini menjadi usulan kepada TP PKK Provinsi Sumut yang akan dibawa pada rakernas PKK ke-IX tahun 2020,” jelas dia.

Kata dia lagi, keaktifan seluruh anggota TP PKK dalam mengikuti rakerda ini akan sangat menentukan kesiapan dan penguasaan dalam menjabarkan hasil kesepakatan rakerda di daerah masing-masing, terutama kegiatan-kegiatan khusus untuk masing-masing bidang, baik sekretariat maupun pokja-pokja yang terkait hasil rumusan rakerda PKK tahun 2019.

Sementara Bupati Sergai Soekirman mengucapkan bersyukur kepada Allah SWT, sehingga dapat terlaksana kegiatan rakerda PKK Kabupaten Sergai tahun 2019.

“Kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi keuangan dapat menjadi barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, maka peran Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang dikelola dan dilaksanakan TP PKK di setiap jenjang sangat penting,” tegas dia.

“Tantangan terbesar yang kita hadapi saat ini antara lain pengembangan SDM, pergeseran tata nilai, pemanfaatan SDA, Iptek, perkembangan tatanan internasional dan penanganan manajemen pemerintahan, serta pembangunan nasional yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terkait,” tambah bupati.

“Sebagai pembina TP PKK, saya mengajak seluruh OPD dan komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif, membantu gerakan kesejahteraan keluarga, mandiri dan bertaqwa Allah SWT melalui program-program yang bersentuhan langsung dengan mensejahterakan masyarakat. Kemudian dari pada itu, agar hendaknya anggota TP PKK menjaga sikap dan perilaku serta benar-benar mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda