Prestasi SMPN 1 Model Babat Toman Alami Peningkatan Signifikan di 2019

1062

SEKAYU-MUBA, BERITAANDA – Prestasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Model Binaan Sampoerna Foundation yang beralamat di Kelurahan Babat Kecamatan Babat Toman, mengalami peningkatan signifikan di tahun 2019.

Ini terlihat dari sejumlah torehan gemilang di berbagai tingkatan kejuaraan yang didapat siswanya, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Untuk meningkatkan kualitas dan mengukur kemampuan siswa yang tergabung dalam minat bakat  ekstrakulikuler, pihak SMPN 1 Model Babat Toman memfasilitasi dalam partisipasi perlombaan, baik bidang akademik maupun non-akademik. Seperti Olimpiade Sains Plus 2019 se-Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi, festival lomba seni nasional tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.

Tak ayal dalam Festival Lomba Seni Nasional oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), SMPN 1 Model Babat Toman menyabet juara 1 vokal solo, juara 3 tari dan juara 2 musik tradisional. Disamping itu, juara 1 vokal solo atas nama Gandes Ken Candara Nafi’a kelas VII.1 binaan Feri Andika, S.Pd melenggang perwakilan Kabupaten Musi Banyuasin tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Belum habis luapan kebahagiaan atas prestasi, SMPN 1 Model Babat Toman yang mendapat panggilan untuk mengikuti lomba peringatan hari pendidikan nasional oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan.

Perwakilan SMPN 1 Model Babat Toman atas nama Gandes Ken Candra Naf’ia mengikuti cabang lomba cipta dan baca puisi tingkat SMP se-Sumatera Selatan balai dikirim lewat youtube LPMP sistem penilaian terbanyak like dan subsrice youtube, akhirnya membuahkan hasil juara 3 tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Orangtua Gandes, Warih Susiawan, S.Pd saat ditemui di kediaman rumahnya mengatakan, ia menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala sekolah, seluruh dewan guru dan staf yang telah membimbing semua siswa, khususnya ananda Gandes Ken Candra Nafi’a.

“Selaku orang tua mohon bimbingan dukungan dan doanya agar anak kami mampu mencapai prestasi yang optimal. Aamiin,” ungkapnya.

Kepala SMPN 1 Model Babat Toman Sudirman, S.Pd,M.Si mengungkapkan, perolehan juara yang berhasil disumbangkan sejumlah siswanya ini menjadi semangat baru dan motivasi sekolah untuk lebih meningkatkan prestasi bidang akademik dan non akademik. Terlebih dirinya di SMP Negeri 1 Model Babat Toman belum lama menjabat sebagai kepala sekolah.

“Prestasi ini juga tak terlepas dari dukungan, usaha para guru dan siswa,” paparnya.

Karena itu, sambungnya lagi, sekolah mengapresiasi setinggi-tingginya kepada siswa tersebut dengan memberi penghargaan sebagai motivasi semangat dihadapan siswa lain. “Tujuannya agar siswa lain terdorong untuk meningkatkan prestasi,” tandasnya. (*)

Bagaimana Menurut Anda