Polres Sekadau Adakan Upacara HUT Polri Bersama Forkompinda

165
Bupati Rupinus saat menjadi inspektur upacara. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kepolisian Resort Sekadau Polda Kalbar, Rabu (10/7/2019) pagi, mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polri ke-73, bertempat di lapangan sepakbola Ejelantu. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Sekadau Ripinus SH M Si.

Bupati Rupinus saat menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia mengatakan, sepanjang 73 tahun sejarah pengabdian Polri pada bangsa dan negara, Polri telah banyak berperan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat,  penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri,” ujar bupati.

Keberhasilan Polri dalam penanganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pengungkapan kasus menjadi perhatian publik, serta mengamankan berbagai agenda baik yang bersifat nasional maupun internasional, telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat dan dunia internasional.

Untuk itu secara khusus, disampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tulus kepada para sesepuh dan pendahulu Polri, yang benar perjuangan, jasa, dan pengabdiannya telah meletakkan landasan, serta telah membangun dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian pimpinan dan seluruh anggota Polri dalam setiap pelaksanaan tugas, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” papar Bupati Rupinus.

Peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, diharapkan bukan sekedar menjadi kegiatan seremonial, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan refleksi dini, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai, namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan selama ini. Kelemahan dan kekurangan itu harus dilihat sebagai tantangan untuk memperbaiki diri, untuk melakukan perubahan yang positif, serta untuk terus melakukan upaya reformasi institusi Polri secara menyeluruh dan konsisten.

“Reformasi Polri secara menyeluruh dan konsisten adalah kunci dalam menghadapi masa depan. Kita harus menyadari dunia berubah, baik dalam hitungan jam, menit atau bahkan detik,” tambahnya.

Usai upacara diadakan kegiatan penyerahan penghargaan Kapolda Kalbar kepada Pemkab Sekadau atas bantuan hibah lahan bangunan Markas Kepolisian Resort Sekadau serta penyerahan penghargaan dan hadiah kepada Babinkamtibas teraktif, pemenang lomba pos kamling, pemenang turnamen futsal antar satuan Kepolisian Resort Sekadau serta juara turnamen bulu tangkis Piala Bhayangkara.

Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah sekaligus ucap syukur HUT Polri yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Sekadau Hilir. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda