Polres OKI Gagalkan Penyelundupan Paket Narkotika dari Jerman

487

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Saat mengambil kiriman sebuah paket narkotika di Kantor Pos Pematang Panggang Mesuji Kabupaten OKI, Anang Ismail (19) dan Mat Umar (23) yang merupakan dua orang kurir tersebut berhasil dibekuk Tim Opsnal Satres Narkoba Polres OKI pada Selasa (4/4/2023) lalu.

Terkait adanya penangkapan itu, Kapolres OKI AKBP Dili Yanto melalui Kasat Narkoba AKP Najamuddin saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya mengungkapkan, bahwa barang buktinya narkotika jenis MDMA dengan berat bruto 15,25 gram.

“Narkotika itu berasal dari negara Jerman. Dan Alhamdulillah berhasil kita gagalkan penyelundupannya, berikut dua orang kurir yang mengambil kiriman paket itu juga turut diamankan,” kata dia, Senin (17/4/2023).

Penyelundupan terungkap, jelas dia, atas adanya koordinasi antara Kanwil Bea Cukai Jakarta dan Ditres Narkoba Polda Sumsel serta Satres Narkoba Polres OKI tentang informasi pengiriman paket narkotika dari Jerman.

“Dari informasi yang didapat, paket narkotika itu dikirim menuju Pematang Panggang Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI melalui jasa pengiriman PT. Pos Indonesia,” ungkap dia.

Hasil koordinasi, terang dia, ditemukan paket dengan nomor resi RQ125652218DE, pengirimnya Nikolaistr 95,47055 Duisburg Deutschland dengan tujuan Jeki Ghani alias Dekicen yang beralamat di Pasar Desa Pematang Panggang Mesuji Kabupaten OKI.

“Lalu kita berkoordinasi dengan PT. Pos Indonesia terkait pelaksanaan control delivery atas paket tersebut, dan anggota kita kemudian melakukan undercover sebagai petugas Pos yang akan melakukan control delivery atas paket itu di Kantor Pos Pematang Panggang,” terang dia.

Pada Selasa (4/4/2023) sekira pukul 14.00 WIB, datang dua orang yakni Anang Ismail dan Mat Umar ke Kantor Pos Pematang Panggang. Jelas dia lagi, kedua orang itu bermaksud mengambil paket dengan nomor resi RQ125652218DE tersebut.

“Setelah menandatangani berita acara serah terima paket, maka paket nomor resi RQ125652218DE diberikan. Saat keduanya akan meninggalkan Kantor Pos Pematang Panggang langsung dilakukan penangkapan oleh anggota Satres Narkoba Polres OKI,” ujar dia.

Lanjut dia, dari penggeledahan itu ditemukan barang bukti berupa sebuah paket kardus warna coklat dengan nomor resi RQ125652218DE atas nama Jeki Ghani dengan alamat Pasar Pematang Panggang.

“Ditemukan di jaket warna coklat yang dipakai Mat Umar, dan setelah paket dibuka ternyata berisi sebuah kotak kaset DVD film Ocean’s Eleven, yang setelah dibuka lagi ternyata berisi 1 bungkus plastik bening berisi serbuk warna putih diduga narkotika dengan berat brutto 15,25 gram,” tandas dia.

Hasil pemeriksaan awal, kedua orang itu mengaku bahwa mereka disuruh oleh Andi Harun alias Dekicen untuk mengambil paket tersebut. Setelah dikembangkan dengan mendatangi rumah Andi Harun, ternyata pria itu sudah tidak berada di rumahnya.

“Kemudian, kedua pelaku beserta barang bukti dibawa dan diamankan di Mapolres OKI untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” kata dia.

Saat ini Satres Narkoba Polres OKI bersama Ditres Narkoba Polda Sumsel sedang berkoordinasi dengan Atase Polri KBRI Berlin Kombes Pol. Sinto Silitonga terkait asal narkotika itu, dan selanjutnya akan dikomunikasikan dengan Kepolisian Kriminal Federal Jerman.

“Adapun barang bukti yang kita amankan yakni 1 bungkus plastik bening berisi kristal warna putih diduga narkotika dengan berat brutto 15,25 gram dan 2 buah paket kardus warna coklat dengan nomor resi RQ 125652218DE 31, serta sebuah kotak kaset DVD film Ocean’s Eleven,” imbuh dia

Selain itu, dikatakan dia lagi, juga 1 buah HP Realme warna abu-abu dengan SIM card nomor 082181267178 dan HP Samsung warna hitam dengan SIM card nomor 081393059601, sebilah senjata tajam jenis pisau dan 1 helai jaket warna hijau.

“Kedua pelaku kita kenakan Pasal 114 ayat 2 atau Pasal 112 Ayat 2 dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup atau hukuman mati. Sementara 1 pelaku lainnya yaitu Andi Harun kita nyatakan DPO,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda