PN Kayuagung Jalin Kerjasama dengan LBH DPC AAI Kabupaten OI dan OKI

595

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pengadilan Negeri (PN) Kayuagung melakukan penandatanganan MoU dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (31/1/2020).

Hal ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya PN Kayuagung untuk menyerap aspirasi masyarakat, khususnya bagi pencari keadilan melalui pos bantuan hukum (posbakum) yang disediakan dengan memberikan pelayanan secara gratis.

“Hari ini adalah momentum yang baik bagi kita. Karena perlu diketahui ada beberapa yang mengajukan permohonan dan juga di tahun sebelumnya telah ada kerjasama dengan kita,” ungkap Ketua PN Kayuagung, Eddy Daulata Sembiring SH MH.

Namun setelah kami melalui rapat terbatas yang berlangsung cukup sengit, akhirnya diputuskan kita melakukan kerjasama dengan LBH DPC AAI Kabupaten OI dan OKI. Kata Edi lagi, sebab yang tergabung dalam AAI ini masih muda – muda, energik dan memiliki integritas tinggi.

“Kami berharap setelah mengisi posbakum di PN Kayuagung ini, segera dapat bersinergi, sehingga pelayanan diberikan terhadap para pencari keadilan ini bisa terlayani dengan cara terbaik. Karena kami tidak mengharapkan adanya isu – isu miring tentang kinerja dan perbuatan kalian,” tegas Edi.

Pesan saya, masih kata Edi, agar nantinya para tenaga yang ditugaskan oleh DPC AAI Kabupaten OI dan OKI dapat bekerja all out dalam memberikan pelayanan terbaik, dan terpenting jangan sampai posbakum yang telah disediakan kosong.

Ketua DPD AAI Sumsel M. Husni Candra, SH M.Hum mengatakan, Kita (DPD AAI Sumsel -red) disini hanya sebagai koordinator saja. Selanjutnya pelaksanaan tugas di posbakum PN Kayuagung adalah wewenang penuh Ketua DPC AAI Kabupaten OI dan OKI.

“Intinya, kami sangat mengapresiasi telah dipercaya dan diberdayakan untuk menyerap aspirasi pencari keadilan. Kita akan berikan bantuan hukum secara cuma-cuma, karena dalam prosesnya nanti, khususnya yang menjalankan tugas dibiayai negara,” kata Husni.

“Mengenai uang negara, siapapun pasti takut, tetapi kalau kita bekerja dengan baik, tidak usah takut asal kerjakan secara betul dan transparan. Dengan adanya MoU, tentu banyak yang kritik. Namun itu tadi, kerjakanlah tugas sebaik-baiknya,” tambah dia.

Usai Ketua PN Kayuagung Eddy Daulata Sembiring SH MH, Ketua DPD AAI Sumsel M. Husni Candra, SH M.Hum dan Ketua DPC AAI Kabupaten OI-OKI Mujahidin Islami, SH sekaligus Koordinator Posbakum PN Kayuagung berikan kata sambutan dalam kesempatan tersebut. Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan MoU, yang dalam hal ini dilakukan oleh Ketua PN Kayuagung Eddy Daulata Sembiring SH MH dan Ketua DPC AAI Kabupaten OI-OKI Mujahidin Islami, SH. Kemudian dilakukan juga penyerahan plakat kepada Ketua PN Kayuagung. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda