Petahana R-A Deklarasi Dukungan Parpol Pemilukada Sekadau

108
Pengurus partai politik pengusung dan pendukung R-A membacakan deklarasi dukungan sebelum pendaftaran di KPU Sekadau.(BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pasangan bakal calon bupati-wakil bupati petahana, Rupinus-Aloysius (R-A), mendeklarasikan partai pengusung maupun pendukung dengan mengusung tagline ‘terbukti dan teruji, membangun desa menata kota’, Jumat (4/9/2020).

Terhitung 5 partai yang memiliki wakil di DPRD setempat sebagai pengusung mereka, antara lain PDIP 7 kursi, Hanura, 3 kursi, Golkar 3 kursi, PAN 3 kursi, Perindo 2 kursi dengan total 18 kurisi dari 30 kursi. Sedangkan 3 partai non kursi di DPRD sebagai pandukung antara lain ada PPP, Berkarya dan PSI.

Tak hanya tim koalisi partai politik, pasangan ini juga didukung tim pemenangan non partai, yakni Kamang dan Garda Maco.

Dari 8 partai pengusung dan pendukung, para ketua partai menyatakan siap memenangkan pasangan R-A dalam Pemilukada Sekadau 2020.

“Partai Amanat Nasional siap memenangkan pasangan R-A, mulai dari pengurus kabupaten sampai pengurus ranting,” ujar Muhamad Jais selaku Ketua DPD PAN Sekadau dalam orasi politiknya.

Selaku ketua DPD, Jais meminta seluruh pengurus dan kader PAN agar berjuang memenangkan pasagan R-A. “Jika ada kader PAN yang membelot, maka akan ada sanksi partai kepada kader,” tegas Jais.

Martinus Sudarno yang merupakan politisi PDIP Kalimantan Barat sekaligus putra daerah Sekadau turut memberikan orasi politiknya. Sudarno mengatakan, pengusung pasangan Rupinus-Aloysius merupakan partai besar dengan jumlah 18 kursi di DPRD.

“Ini menunjukkan bahwa Rupinus dan Aloysius merupakan orang yang hebat dan layak memimpin Sekadau,” tukasnya.

Yang lebih penting, menurut Sudarno, jabatan bupati dan wakil bupati bukan merupakan jabatan prestise, namun jabatan dalam melayani masyarakat.

“Selama ini Rupinus dan Aloysius tetap kompak serta serasi, hal ini menandakan pasangan ini merupakan pasangan yang patut didukung, sebab keserasian bupati dan wakil bupati merupakan modal awal dalam pembangunan,” papar dia.

Balon bupati Rupinus juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada partai pengusung, pendukung, dan tim relawan serta tokoh masyarakat yang ikut hadir dalam deklarasi tersebut. “Pasangan R-A mengakomodir semua partai, baik yang nasionalis maupun agamis. Karena Sekadau perlu dibangun bersama, dan Sekadau milik kita semua,” ujar Rupinus.

Balon wakil bupati Aloysius menambahkan bahwa kemajuan dan kemenangan akan diraih jika bersama – sama dalam membangun Sekadau. “Tentu saja dengan memenangkan pemilukada ini,” ucap Aloy.

Turut hadir dalam deklarasi ini sejumlah tokoh masyarakat, dua mantan sekda (Yohanes Jhon dan H. Zakaria yang sudah memasuki masa pensiun sebagai ASN), serta para tokoh lintas budaya, agama dan adat.

Pasca deklarasi, pasangan R-A diantar 30-an pengrurus inti parpol dan tim untuk mendaftar sebagai calon di kantor KPU Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda