Pemkab Sekadau Jelaskan Kinerja Keuangan Tahun Anggaran 2018

184

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau menjelaskan kinerja keuangan pemkab tahun anggaran 2018, sebagaimana tertuang dalam rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2018.

Kegiatan tersebut digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Sekadau, Senin (1/7/2019).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sekadau, Paulus Yohanes menuturkan, laporan keuangan pemkab anggaran 2018 telah disusun dan disajikan berdasarkan basis akrual sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintahan pada pemerintah daerah dan Peraturan Bupati Sekadau Nomor 34 tentang kebijakan akuntansi Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Laporan keuangan ini kemudian diaudit oleh BPK-RI. Lalu, BPK RI memeberikan opini atas penyajian dan pengungkapan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sekadau Tahun 2018 dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pencapaian opini ini adalah untuk yang ke-7 (tujuh) kali secara berturut-turut.

“Saya sangat berterima kasih atas hasil yang diperoleh tersebut karena merupakan level tertinggi atas opini dalam pemeriksaan LKPD, pencapaian ini merupakan keberhasilan kita bersama atas pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta bentuk sinegritas antara pihak eksekutif dan legislatif dalam menjalankan peran dan fungsinya masing-masing untuk mensukseskan setiap program dan kegiatan pembangunan, sehingga terwujudnya masyarakat Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing,” tuturnya.

Asisten juga memaparkan ada beberapa gambaran mengenai posisi keuangan Pemerintah Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2018, seperti laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

“Penjelasan lebih rinci dapat dilihat pada catatan atas laporan keuangan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sekadau, dan merupakan lampiran dari rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2018 untuk dibahas bersama,” jelas Paulus.

Hadir pada acara kali ini yaitu Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Sekda, Asisten Staf Ahli, Kadis, Direktur RSUD dan Direktur PDAM serta para undangan. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda