Pemkab Nias Gelar Upacara HKN

77

NIAS-SUMUT,BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melaksanakan upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) yang dilaksanakan di lapangan Beringin Hiliweto Gido, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Rabu (17/7/219).

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan,SIK MH yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam arahan dan bimbingannya mengatakan, upacara HKN ini mempunyai makna yang sangat penting. Karena disamping untuk memantapkan kualitas pengabdian serta peningkatan kecintaan kita kepada negara dan bangsa, juga merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada semua bidang pekerjaan masing-masing.

“Indikator dari terwujudnya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut diantaranya adalah kemampuan untuk berkoordinasi dan bekerjasama antara semua lembah pemerintah, baik itu eksekutif, legislatif dan yudikatif, termasuk unsur muspida di masing-masing kabupaten/kota,” jelas dia.

“Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada kita semua, khususnya kepada Pemkab Nias yang telah menunjukkan keberhasilan kerjasama dan koordinasi dengan unsur aparatur negara lainnya selama ini, sehingga tercipta keharmonisan kerjasama yang erat di wilayah Kabupaten Nias,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kapolres juga menyampaikan perkembangan situasi yang terjadi sekarang ini yaitu pemilihan umum pada tanggal 17 April 2019, berjalan dengan aman dan baik. Begitu juga dengan pengamanan sidang keputusan MK pada tanggal 21-22 Juli, juga berjalan dengan aman dan baik berkat kerjasama semua pihak dan seluruh elemen masyarakat.

“Kedepan tahun 2020, di wilayah hukum Polres Nias akan diadakan pilkada di 3 kabupaten 1 kota, tentunya hal ini menentukan masa depan suatu daerah sehingga dibutuhkan kerjasama yang bersinergi antar semua pihak hingga pelaksanaan pilkada kedepan berjalan dengan aman dan sukses,” himbaunya.

Melihat perkembangan situasi politik di tanah air dewasa ini, Deni mengatakan bahwa sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, harus tetap waspada dan mengantisipasi agar setiap masalah dan persoalan yang ada, sehingga tidak merusak harmonisasi sosial, persatuan dan kesatuan bangsa serta tidak menimbulkan gangguan terhadap stabilitas keamanan secara nasional dan regional.

“Tidak lupa saya sampaikan dan sikapi bersama perkembangan situasi yang terjadi di daerah kita, antara lain lagi maraknya kasus-kasus pembunuhan seperti yang terjadi di wilayah hukum Polsek Idanogawo. Jadi saya menghimbau kepada kita semua agar kejadian ini menjadi pembelajaran untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres menekankan beberapa hal, yakni agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa, tidak terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba, mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, menghindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat menimbulkan dampak terhadap diri sendiri dan orang lain, tingkatkan kerjasama dan jaga ketertiban serta kekompakan di tengah masyarakat, dan setiap persoalan hendaknya diselesaikan secara bijak dengan mengedepankan upaya penegakan hukum dan tidak menggunakan cara-cara yang justru melanggar hukum.

“Marilah kita terus melanjutkan harapan para pahlawan kita dengan mewujud nyatakan dalam bidang tugas kita sehari-hari dengan penuh tanggung jawab, meningkatkan profesionalisme, lebih mengeratkan kerjasama antara aparatur negara dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga masyarakat Kabupaten Nias lebih sukses lagi dalam upaya melangkah kedepan menuju Nias yang beriman, berbudaya dan mandiri,” terang dia.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Bupati dan wakil Bupati Nias, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Unsur Muspida Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, staf ahli, kepala dinas, badan, kantor dan seluruh pegawai lingkup Pemkab Nias, dan Dandim 0213 Nias. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda