Pasmar 3 Gelar Latihan Hari Terakhir Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19

209

SORONG-PAPUA BARAT, BERITAANDA – Pasmar 3 yang merupakan satuan Korps Marinir di ujung timur Indonesia, tepatnya di Sorong Papua Barat. Dibawah pimpinan Kolonel Marinir Edi Juardi mendapat kepercayaan dari satuan atas untuk melaksanakan latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk mensiagakan prajurit di jajaran Pasmar 3 agar selalu siap apabila sewaktu-waktu digerakkan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi corona di negeri ini.

Adapun latihan penanggulangan wabah Covid-19 tersebut dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 24 sampai 28 April 2020, diikuti 375 pers Pasmar 3 yang terdiri dari 75 personel sebagai penyelenggara latihan dan 300 personel sebagai pelaku.

Selain personel diatas, Pasmar 3 juga mengajak instansi terkait disekitar wilayah kerja untuk ikut bergabung dalam latihan tersebut, antara lain dari Dinas Kesehatan Kota Sorong, Diskes Lantamal XIV serta dari RSAL dr. Oetojo.

Untuk materi yang dilatihkan selama latihan antara lain, pengetahuan dan sosialisasi tentang Covid-19, pengetahuan SOS pemerintah pada penanggulangan dampak Covid-19, pengetahuan penangganan Covid-19, pengetahuan tahapan penangganan bencana/tanggap darurat, dan pengetahuan proses penyiapan personel, pengamanan pada penanganan Covid-19 serta pengamanan kelompok rentan.

Selain teori dan pengetahuan, prajurit Pasmar 3 juga dibekali drill-drill teknik tentang pengamanan (pam) dan penanganan Covid-19, teknik pam kelompok rentan, rapid test, penyemprotan disinfektan serta patroli dalam rangka membantu pelaksanaan PSBB.

Kolonel Marinir Edi Juardi sangat mengapresiasi latihan yang diberikan kepada jajaran Pasmar 3.

“Selamat dan bangga kepada prajurit Pasmar 3 yang mengikuti latihan. Saya berpesan agar pengetahuan dan ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di lapangan,” pungkas dia, Selasa (28/4/2020). (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda