Nilai Persaudaraan Makin Tergerus, Masih Ada Waktu Untuk Memperbaikinya

1003
Suasana di pemakaman salah satu warga Desa Tebedak I.

INDRALAYA-OI,BERITAANDA – Tak ada makhluk di muka bumi ini yang bisa menolak ketika takdir Tuhan menghampiri, begitupun ketika berakhirnya umur dari makhluknya itu. Meski diketahui, kematian adalah suatu musibah yang paling besar, toh kita sebagai manusia harus menerima bahwa kematian itu pasti akan dilalui.

Beralih ke konteks manusia sebagai makhluk sosial, kehidupan perkotaan dan pedesaan tentu sangat tajam terlihat perbedaannya. Di kota sudah sangat jarang terlihat bahkan nyaris punah, ketika misalnya ada salah satu warga mengalami yang namanya meninggal dunia, cenderung hanya orang terdekat saja yang melayat, dan itupun tak sebanyak ketika seseorang itu mati dan dimakamkan di wilayah yang namanya desa.

Tapi tentunya, kita juga mesti memahami, di perkotaan yang notabene banyak terdiri dari kaum  pluralisme, bisa menjadi alasan kalau kegiatan semisal memakamkan seseorang tak seramai di pedesaan. Sayang memang, namun apa mau dikata, kesibukan duniawi yang begitu menyita waktu ternyata mau tak mau terus menggeser nilai-nilai kebersamaan yang ada di tengah kehidupan bermasyarakat.

Beralih melihat dunia kehidupan di pedesaan, tentu hal itu sangat kontras dengan dunia perkotaan. Di desa, seperti di Tebedak I Kecamatan Payaraman, syukurnya warga masih menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Terkadang aktifitas di ladang yang diketahui sebagai mayoritas pundi rupiah rumah tangga mereka, begitu ada salah satu warganya mengalami musibah ini, cenderung warga menghentikan aktifitasnya demi menghormati serta membantu keluarga yang ditinggal kerabatnya meninggal.

Tentu kita berfikir sama dan menginginkan bahwa rasa persaudaraan mesti selalu digalakkan dan berharap kebudayaan Indonesia yang dikenal ramah tamah serta solidaritas antar sesama tidak makin  tergerus zaman, dan pedesaan yang juga saat ini menampakkan kemajuannya, juga tidak ikut – ikutan dengan budaya yang banyak terlihat di perkotaan. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda