Nasib Petugas PPK dan PPS Sei Rampah Sergai Tunggu Hasil Rapat Gakumdu

486

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara menunggu hasil rapat Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) terhadap nasib para petugas PPK dan PPS Kecamatan Sei Rampah, Kamis (23/5/2019).

Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL), El Suhaimi didampingi Staf Pelanggaran Bawaslu Rudi mengatakan, terlapor dari Partai PKB serta petugas PPK dan PPS telah diminta klarifikasinya.

“Bawaslu telah memanggil PPK dan PPS Kecamatan Sei Rampah, begitu juga dengan pelapor dan terlapor, serta memperlihatkan alat bukti. Selanjutnya akan dibahas di Gakumdu, dalam hal ini Kejaksaan dan Polres Sergai,” kata El Suhaimi .

Dari pemeriksaan itu, dikatakan El Suhaimi, kami meminta keterangan sejauh mana peran PPK dan PPS dalam melakukan pengimputan data. Dikarenakan adanya peralihan suara partai ke salah satu caleg terlapor.

Dikatakan El Suhaimi lagi, ada 38 pertanyaan yang dilontarkan kawan-kawan Bawaslu dalam melakukan klarifikasi. Namun pertanyaan itu pasti berbeda kapasitasnya, karena sesusai dengan peran mereka lakukan.

Perlu diketahui, terdapat 35 TPS di tiga desa, yakni Desa Sei Rampah, Simpang Empat dan Desa Silau Rakyat, yang terjadi pergeseran suara partai PKB ke salah satu celeg nomor urut 5 Sarino, dengan jumlah 120 suara. Hingga Sarino unggul dengan lawan calegnya nomor urut 7 yang juga satu partai.

Hingga kini, kisruh di tubuh PKB itu masih bertarung untuk mendapat kejelasan hukum dengan menyeret  beberapa petugas PPK dan PPS Sei Rampah yang diduga sengaja melakukan pergeseran suara partai pada caleg PKB.

Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya S.Sos mengatakan, sudah mengetahui siapa terindikasi petugas PPK dan PPS di Sei Rampah, namun pihaknya masih menunggu hasil dari Gakumdu. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda