Musrenbang di Kecamatan Tanjung Lubuk, Mesuji Raya, Tulung Selapan dan Pangkalan Lampam Hasilkan Beberapa Usulan

592

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pada kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Tanjung Lubuk dihadiri oleh Camat Tanjung Lubuk, Sekretaris Camat, Kapolsek Tanjung Lubuk, Danramil Tanjung Lubuk, Kepala KUA Tanjung Lubuk, Kepala Puskesmas, lurah, kades, sekretaris desa, LPM, PLD dan BPD setempat.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Makruf CM, S.Ip.,MM melalui Sekretaris Bappeda OKI H. Erwin Agusdy, MP, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (16/1/2019), mengungkap beberapa usulan yang disampaikan.

“Diantaranya Camat Tanjung Lubuk mohon pembangunan balai atau aula kantor camat dan pembangunan bisa dilakukan di tanah halaman samping atau halaman belakang kantor camat. Sedangkan ibu – ibu PEKKA mohon agar diperhatikan program PEKKA, terutama program klic,” ungkapnya.

Hasil musrenbang tingkat Kecamatan Mesuji Raya, katanya, terungkap permasalahan utama dihadapi kecamatan tersebut adalah infrastruktur, terutama jalan rusak berat menghubungkan dari simpang Lubuk Seberuk menuju Kecamatan Mesuji Raya, sarana dan prasarana pemerintahan serta jaringan Iistrik PLN.

“Kegiatan prioritas diusulkan antara lain, infrastruktur yaitu pemeliharaan jalan Lubuk Seberuk menuju kantor Camat Mesuji Raya, normalisasi sungai Dabuk di Desa Embacang, tembok penahan tanah di Desa Embacang, peningkatan jalan penghubung antar desa dan pembangunan siring di Desa Balian Makmur,” ujarnya.

Sarana dan prasarana, masih katanya, pembangunan Pasar Desa Kemang Lndah, penambahan tiang PLN untuk jaringan listrik di Desa Balian Makmur. Rehab berat kantor Kades Embacang dan sosialisasi mengenai Regulasi IMB.

“Usul dari Puskesmas Pematang Panggang 4 untuk mengatasi masalah stunting, honor petugas kader Posyandu, penambahan makanan dan minuman untuk masyarakat yang kekurangan gizi serta pembangunan jamban baru,” tandasnya.

Usulan program kegiatan dari hasil pembahasan pada kegiatan musrenbang Kecamatan Tulung Selapan sebagai berikut, Kades Rantau Lurus Marsudi mengusulkan rehab jembatan primer 3 unit, pembangunan kantor kepala desa, pemberantasan narkoba dan judi di wilayahnya.

“Kades Simpang Tiga, Heri, mengusulkan peningkatan jalan Ujung Tanjung – Simpang Tiga dengan panjang 18 kilometer. Kepala Puskesmas (PKM) Tulung Selapan, Sentriyadi, mengusulkan pembangunan ruang rawat inap di PKM Tulung Selapan,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 6 Tulung Selapan, Anata meminta pembangunan ruang kelas baru dan toilet, Kades Simpang Tiga Makmur, Samsul Bahri, mengusulkan pembangunan los serba guna beton Dusun 1 (Kuala Lb. ltam) seluas 15.000 hektare, pembangunan los serba guna beton Dusun IV yang dulunya Dusun II luas 15.000 hektare.

“Kades Pulu Beruang, H Sitalmin, pembuatan embung desa. Sedangkan permasalahan yang perlu ditangani segera di wilayah Tulung Selapan ini adalah rehab jembatan primer 3 unit di Desa Rantau Lurus dan peningkatan jalan Ujung Tanjung-Simpang Tiga sepanjang 18 kilometer serta pembangunan ruang kelas baru dan toilet SD Negeri 6 Tulung Selapan,” tandasnya.

Berdasarkan musrenbang tingkat kecamatan, dilanjutkannya lagi, permasalahan utama dihadapi Kecamatan Pangkalan Lampam adalah banyaknya infrastruktur rusak, terutama jalan yang menghubungkan antar desa di wilayah Kecamatan Pangkalan Lampam serta sarana dan prasarana pendidikan seperti ruang kelas yang rusak dan masih kurangnya jaringan listrik PLN.

“Usulan prioritas dari Kecamatan Pangkalan Lampam antara iain insfrastruktur, rehap berat jalan di Kecamatan Pangkalan Lampam, jalan lingkar di Desa Sungai Bungin dan Desa Pangkalan Lampam, pemeliharaan jalan di Desa Deling ke arah Kecamatan Pampangan sepanjang 2.000 meter, pengerasan jalan di Desa Darat sepanjang 1.700 meter lebar 5 meter, pemeliharaan jalan Desa Rimba Samak ke Desa Riding ke Desa Bukit Batu dan pemeliharaan jalan di Desa Riding kurang lebih 35 kilometer,” ungkapnya.

Untuk sarana dan prasarana, lebih jauh dijelaskannya, yaitu pembangunan bank, pemeliharaan lampu jalan di Desa Pangkalan Lampam, pembangunan sumur bor di KUA Kecamatan Pangkalan Lampam serta di Desa Bukit Batu, pemasangan jaringan listrik PLN dari Dusun I ke Dusun ll di Desa Riding sepanjang 5,5 kilometer dan tembok penahan tanah sepanjang 150 meter di Desa Sukadamai,” pungkasnya.

“Bidang pendidikan, penambahan ruang kelas baru (RKB) SMP Negeri 3 Kecamatan Pangkalan Lampam, pembangunan ruang kepala sekolah dan guru di SD Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Lampam, penambahan 1 lokal ruang kelas baru (RKB) di SD desa Bukit Batu dan pembangunan pagar SD Negeri 1 Desa Sukadamai,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda