Minimnya Penertiban, Kesalahan Antara NIK KTP dan KK Dimulai Awal Perekaman

26

TUBABA-LAMPUNG, BERITAANDA – Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan Data, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menegaskan, kesalahan perbedaan antara nomor induk kartu tanda penduduk (NIK KTP) dan kartu keluarga (KK) dimulai dari awal perekaman e-KTP, serta minimnya penertiban, pemilik dokumen memiliki beberapa data sehingga antara NIK KTP dan KK tidak singkron.

“Kalau ada permasalahan itu, dia bukan merubah NIK, itu waktu dulu sebelum menggunakan e-KTP dia sudah punya nik, makanya punya data bisa dua, tiga, dengan nama yang sama NIK beberapa,” cetus Buyung di ruang kerjanya, Jumat (9/4).

Sementara, Buyung mengaku adanya perbedaan antara nomor NIK KTP dan kartu keluarga, bahwa pada saat dimulainya program e-KTP belum adanya penertiban sehingga pemilik data memiliki lebih dari satu dokumen kependudukan.

“Saya mempunyai beberapa dokumen, jaman dulu kan kita banyak tidak terlalu tertib,” papar dia.

Lebih lanjut Buyung menerangkan, kesalahan perbedaan antara NIK KTP dan KK bukan hanya dari perbaikan nama dan nomor induk saja, melainkan penyesuaian dari kesalahan penginputan nama ijasah juga.

Ketika dimintai keterangan informasi jumlah penarikan data atas perbaikan KTP dan KK, Buyung berkelit dengan beralasan kegiatan tersebut bukan hanya pada bidangnya saja, sehingga dirinya meminta waktu untuk memberikan informasi dengan waktu yang belum bisa dipastikan. (R/M)

Bagaimana Menurut Anda