Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap: TMMD Wujud Kepedulian TNI

835
Staf Khusus KSAD, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap.

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Staf Khusus KSAD Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap mengatakan, salah satu tugas pokok TNI adalah membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi dalam masyarakat.

“Tugas tersebut mencakup membantu mengatasi akibat bencana alam, merehabilitasi infrastruktur, serta mengatasi masalah akibat pemogokan dan konflik komunal,” katanya di sela kunkernya baru-baru ini di lokasi TMMD, Desa Hutaraja Lamo, Sosa, Palas.

Dikatakannya, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan penterjamahan membantu tugas pemerintahan. Dimana TNI mendorong masyarakat di pedesaan untuk menumbuhkan kesadaran dan partisipasi dalam membangun desanya.

“Tujuannya jelas, guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang dinamis, mandiri dan sejahtera. Terutama masyarakat di wilayah desa yang masih tertinggal ataupun terisolir,” ujar perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat tersebut.

Menurutnya, TNI dalam hal ini Kodim 0212/Tapsel bersama pemerintah daerah bersinergi, menyatukan niat dan tekad bersama untuk mendharma baktikan tugas mulia melalui TMMD untuk tetap membangun demi masa depan bangsa Indonesia.

Kegiatan TMMD, kata Mayjen Ilyas, yang melibatkan lintas instansi merupakan perwujudan komitmen bersama kepada rakyat, sekaligus menjadi kewajiban dan tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

Program TMMD ke-105, Kodim 0212/TS merupakan program lintas sektoral. Unsur terkait secara terintegrasi dilibatsertakan sesuai dengan semangat dan konsepsi ekonomi daerah, sebagai alternatif pemda mempercepat proses pembangunan.

TNI membantu pemda meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik dan non fisik. Memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang dan kondisi juang yang tangguh.

“Dan kesemuanya itu sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah teritorial Kodim 0212/Tapsel,” ujar Mayjen Ilyas sembari menegaskan juga sebagai wujud Bakti TNI kepada rakyat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda