Lokalate Beri Pendampingan Cafe Difabel Tetap Produktif di Masa Pandemi

12

JAKARTA, BERITAANDA – Lokalate mengajak anak muda Indonesia membangun semangat inklusif dan meningkatkan kepedulian bagi teman-teman difabel dengan program Lokalate inclusive entrepreneurship yang memberikan pendampingan bisnis dan monitoring bagi cafe difabel yang terdampak pandemi.

Brand Manager Lokalate, Jesaya Christian mengatakan, Lokalate terinspirasi dengan semangat juang dari teman-teman difabel yang terus berusaha untuk bertahan di masa pandemi. Melalui pendampingan ini, dia berharap teman-teman difabel bisa terbantu secara bisnis sehingga makin dikenal banyak orang dan membantu memulihkan kondisi ekonomi mereka serta menginspirasi anak-anak muda untuk mendukung komunitas difabel di lingkungan mereka.

“Dukungan yang diberikan meliputi pendampingan dan mentoring dari sisi bisnis, manajemen operasi, service excellence, pengembangan produk, promosi menggunakan media sosial, pendaftaran di aplikasi layanan pemesanan makanan minuman secara online, serta endorsement oleh influencer dan food blogger,” ujar Jesaya disela diskusi daring Lokalate, Selasa (27/4).

Cafe More menjadi salah satu cafe yang mendapat pendampingan ini dan berhasil menaikkan omsetnya. Cafe yang berada di Jalan Padjajaran Bandung dan merupakan bagian dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Difabel Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung ini merasakan omset cafe naik dari semula hanya Rp 145 ribu per pekan, kini naik menjadi Rp 2 juta per pekan.

Sri Ayu, barista Cafe More yang merupakan penyandang difabel sensorik netra mengatakan, selama masa pandemi omset turun. Tapi sejak program pendampingan dan mentoring bisnis kini terbantu, baik dari sisi promosi dan pemasaran secara digital, pendaftaran di aplikasi pemesanan makanan minuman online, hingga belajar tentang manajemen arus kas dan operational excellence.

“Alhamdulilah cafe makin dikenal di Bandung, sehingga omset ikut naik dan berharap bisa terus beroperasi maksimal,” ujar Sri Ayu.

Selain Cafe More, masih banyak cafe difabel lainnya yang juga mendapat manfaat pendampingan dari Lokalatem, sehingga membuat omset cafe naik dan bertahan di masa sulit seperti saat ini. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda