Kodim 0402/OKI-OI Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

111

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dalam rangka pencegahan terjadinya akan bahaya karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di wilayah Kabupaten OKI maupun OI, Kodim 0402/OKI-OI melaksanakan sosialisasi di aula Darmawangsa Makodim 0402/OKI, Jumat (12/5/2023).

Bekerja sama dengan Founder AMOI Management Group selaku pembawa materi menjelaskan, tujuan dari kegiatan kampanye atau sosialisasi ini untuk memberikan pengertian agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Pada sambutannya, Komandan Kodim 0402/OKI-OI yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim 0402/OKI-OI Mayor Czi Saipul Anwar mengatakan, wilayah Kabupaten OKI maupun OI merupakan kabupaten penyumbang asap terbesar setiap tahunnya.

“Adanya sosialisasi ini, merupakan bentuk upaya dari Kodam II/Sriwijaya dalam upaya pengendalian terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0402/OKI-OI,” jelasnya.

Beliau juga mengajak kepada seluruh elemen untuk bahu-membahu bekerja sama dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran.

“Kebakaran hutan dan lahan tidak bisa hanya ditangani oleh satu institusi saja, namun harus dilakukan secara bersama untuk mengambil peran masing-masing, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat. Lurah dan camat sebagai ujung tombak diberikan tugas untuk melakukan edukasi pemahaman tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di OKI dan OI yang wilayahnya sebagian besar adalah gambut,” tutup Kasdim.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Kapolres OKI diwakili AKP Tarmizi, Kapolres OI diwakili Kabagops, para Pasi jajaran Kodim 0402/OKI, para Danramil jajaran Kodim 0402/OKI, Danunit Intel Letda Arm Murod beserta anggota, Kepala DLH OKI Aris Panani, Kemenag OKI Feryanto, Kepala BPBD OKI Sahrul, PT. Mitra Ogan, PT. Sampoerna Agro, PT. SGRO, Manggala AGNI OKI, Damkar OKI, serta Satpol PP OKI. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda