Ketua Umum L-BPPN Kepulauan Nias Ajak Seluruh Pihak Ikut Awasi Pemilu

326

GUNUNGSITOLI–SUMUT, BERITAANDA – Ketua Umum Lembaga Bina Peduli Pulau Nias (L- BPPN) Kepulauan Nias Abdi Solisman Mendrofa, mengajak seluruh pihak untuk ikut mengawasi pemilihan umum serentak tahun 2019 mendatang agar tidak terjadi kecurangan.

“Tahun ini adalah tahun bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana baru pertama kali pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan legislatif pada tanggal 17 April 2019 yang tinggal beberapa hari lagi. Oleh karena itu saya mengajak seluruh pihak untuk sama-sama mengawasi jalannya pesta demokrasi ini, sehingga pesta demokrasi ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan pemimpin seperti yang kita inginkan bersama,” himbaunya, Ahad (14/4/2019).

Menurutnya, setelah diamati sejumlah simulasi proses pemilihan hingga perhitungan hasil pemungutan suara kali ini cukup memerlukan waktu hingga larut malam. Untuk itu seiring dengan proses tersebut, mari kita kawal secara bersama-sama damai, aman, dan tertib.

“Pengalaman saya, banyak terjadi pelanggaran di TPS disebabkan karena ada kepentingan tertentu bagi KPPS yang ingin memenangkan calon tertentu. Ada rupa-rupa modus yang bisa dilakukan, yakni tidak menyebarkan formulir C6 pada pemilih tertentu, memberikan kesempatan kepada pemilih yang tidak berhak, memberikan kesempatan kepada pemilih untuk memilih dua kali, mark up atau mark down suara dan lainnya. Sedangkan di tahun ini akan ada 5 surat suara yang akan dihitung, kita harapkan pengawasan agar lebih ditingkatkan lagi untuk mencegah terjadi kecurangan,” pungkas dia. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda