Ketua TP PKK Sumsel Ajak Pemkab OKI Terus Promosikan Produk-produk Lokal

274

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Febrita Herman Deru, mengajak agar Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus mempromosikan produk-produk lokal. Baik itu kesenian, kerajinan serta kuliner.

Febrita berpesan agar kerajinan-kerajinan Kabupaten OKI ini juga rutin diikutsertakan dalam pameran, disamping promosi melalui pemakaian yang dilakukan oleh pemerintah setempat saat bekerja. Karena menurutnya, produk-produk di OKI sendiri sudah cukup baik.

“Kita lihat sendiri produknya sudah cukup baik, ini ada songket dengan motif perahu kajang dan beberapa kerajinan lain,” katanya usai melantik Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Kabupaten OKI di Kayuagung, Rabu (16/10/2019) lalu.

Menurutnya, hal ini perlu terus dikembangkan. Bahkan, lanjut Febrita, harus bangga dengan produk-produk khas daerah ini, salah satunya bisa dengan menggunakan produk-produk daerah saat bekerja.

“Ini terus kita dorong agar setiap daerah terus mengembangkan produk dengan kearifan lokalnya. Di OKI, selain songket dikembangkan juga batik khas, ini bisa terus dikembangkan dan dipromosikan misalnya digunakan saat bekerja diawali oleh pemerintah,” ujarnya.

“Ada juga kerajinan rompi dari tanaman purun, ini juga bisa dikembangkan sehingga bisa digunakan dengan nyaman karena ini terlihat masih keras. Pesan saya untuk kerajinan ini banyak-banyak ikut pameran, karena itu menjadi wadah untuk promosi, tidak usah banyak-banyak cukup itu yang menjadi unggulan sehingga orang bisa tahu,” tambahnya.

Masih kata dia, untuk promosi ini pihak Dekranasda sendiri bisa menjadi wadah untuk mengembangkan produk yang ada, sehingga bisa meningkatkan mutu dan nilai produk. Termasuk memfasilitasi para pengrajin untuk memiliki perlindungan hukum.

Sementara Ketua Dekranasda OKI, Hj Lindasari Iskandar SE mengungkapkan, dirinya bersama IKM OKI melalui Dinas Perindustrian dan Koperasi akan terus mengembangkan kerajinan lokal yang ada di OKI.

Menurutnya, selama ini pemda sudah memberikan perhatian kepada pengrajin melalui berbagai pola pengembangan di berbagai kecamatan.

“Mereka kita bantu alat, pengemasan dan cara pemasaran. Mari bersama pengurus Dekranasda OKI membantu para pengrajin untuk meningkatkan produknya,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda