Ketua KPUD OI: Partai Berkarya Bukan Pengusung Namun Pendukung

754
Ketua KPUD OI saat diwawancarai awak media usai menerima pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati periode 2021-2026.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Salah satu dari sembilan (9) partai politik pengusung bakal calon bupati dan wakil bupati, pasangan Panca-Ardani, yakni Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto, ternyata dianggap bukan sebagai pengusung oleh KPUD Ogan Ilir (OI).

Hal itu disampaikan Ketua KPUD OI Dra. Massuryati saat dibincangi awak media usai pasangan tersebut mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati, pada Sabtu (5/9/2020) kemarin.

“Partai Berkarya bukan sebagai pengusung, hanya sebagai pendukung. Kita harus bedakan mana mengusung mana mendukung,” ujar Massuryati.

Tambahnya, syarat mengusung adalah partai yang tertera di info pemilu, dan Partai Berkarya itu (Tommy Suharto), tidak tertera di info pemilu.

“Ketika SK pengusungan tidak tertera di info pemilu, kita tidak bisa memasukkan partai tersebut sebagai bagian dari pengusung pasangan calon Panca-Ardani,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi via WhatshApp, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Ogan Ilir versi Tomi Suharto, Drs. Iklim Cahya, membenarkan kalau saat ini mereka menjadi partai pendukung Panca-Ardani. Namun jika dalam proses gugatan di PTUN menang, maka akan berbalik jadi partai pengusung.

“Sebetulnya tidak menjadi masalah sebagai partai pengusung atau pendukung, yang penting jajaran pengurus dan anggota Partai Berkarya yang ada di Ogan Ilir ikut searah mendukung Panca-Ardani. Dan Alhamdulillah, berdasarkan komitmen kawan-kawan, mayoritas mendukung pasangan tersebut,” tulisnya, Sabtu (5/9/2020) malam.

Seperti diketahui, beberapa pekan yang lalu, DPD Partai Berkarya Kabupaten Ogan Ilir versi Muchdi PR telah menggelar musyawarah daerah (musda) pertama. Dan hasil musda tersebut menunjuk Arham Fadoli sebagai ketua di daerah ini.

Sementara pada hari pertama pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati OI, DPD Partai Berkarya Ogan Ilir terlihat dalam rombongan pasangan Ilyas-Endang, serta turut mengantar pasangan tersebut mendaftarkan diri ke KPUD OI. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda