Kerukunan Umat Beragama Jadi Salah Satu Kunci Terciptanya Pemilu yang Aman dan Damai

125

NIAS–SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melaksanakan rapat dewan dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Nias Arosokhi Waruwu, SH MH, Senin (15/4/2019).

Arosokhi Waruwu menyampaikan bahwa FKUB ini telah mengambil peran dalam menciptakan kerukunan umat beragama dan memberikan kesejukan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Hal ini dapat kita lihat disharmonisasi belum terjadi antara umat beragama di Kabupaten Nias, nilai-nilai toleransi antar umat beragama telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan dalam memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas dia.

Lanjut wabup, kerukunan antar umat beragama menjadi salah satu kunci terciptanya pemilihan umum yang aman dan damai.

“Seluruh alim ulama, tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama diharapkan mampu memberi pencerahan kepada masyarakat untuk terus saling menghargai serta menghormati antar pemeluk agama,” tegas dia.

“FKUB harus terus memupuk rasa persaudaraan dan semangat kebangsaan di masyarakat. Substansi dari rasa kebangsaan adalah kesadaran untuk bersatu sebagai suatu bangsa, karena kesamaan sejarah dan kepentingan masa depan bersama. FKUB juga harus terus aktif menumbuhkan rasa kebangsaan diantara umat beragama agar terwujud pemilu yang damai,” terangnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda