Kejari Buka Musda ke-IV DPD MABM Sekadau

195

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau, Selasa (26/2/2019) pagi, menggelar musyawarah daerah (musda) ke-IV yang dilangsungkan di Keraton Kesuma Negara.

Pembukaan musda tersebut dilakukan langsung oleh Kejari Sekadau Andri Irawan MH yang mewakili Bupati Sekadau.

Kejari mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sekadau berperan aktif dalam melindungi serta mengelola budaya sebagai aset budaya nasional.

“Pengurus MABM harus mampu menguasai adat budaya untuk mewujudkan masyarakat yang berbudaya dan beradat,” kata Kejari.

Melalui Musda MABM ini, kata dia, pemerintah daerah berharap MABM dapat meningkatkan peran untuk berjuang di tengah-tengah masyarakat untuk bersama pemerintah membangun masyarakat.

Kejari juga menegaskan agar pengurus MABM dapat menyusun program yang dapat disesuaikan dengan sumber daya manusia. “Serta dapat menyusun program untuk menggali potensi sumber daya adat dan budaya,” tukasnya.

Sementara itu, perwakilan DPP MABM Provinsi Kalimantan Barat Dr.Ali Daud M.Pd dalam arahannya mengingatkan bahwa musda ini mengandung tiga hal penting, yakni mendengarkan pertanggung jawaban kepengurusan yang telah lalu, membuat program kerja dan rekomendasi untuk untuk prioritas program kedepan, serta memilih kepengurusan berdasarkan AD/ART MABM.

“Kami minta pemerintah daerah dan aparat keamanan, baik kepolisian dan TNI, agar mendorong MABM untuk dapat melaksanakan kegiatan sosial. Serta melakukan komunikasi lintas etnis dan budaya di Kabupaten Sekadau,” papar Ali Daun.

Tak kalah penting, lanjut dia, DPP MABM Kalimantan Barat berharap dalam penyusunan kepengurusan di musda tersebut dapat memilih pengurus yang dibutuhkan dalam organisasi. “Bukan berdasarkan  kesenangan atau kekerabatan,” tegas Ali Daun.

Dalam musda ke-IV DPD MABM Sekadau ini, Ketua MABM masa bakti 2013 – 2018 tidak menghadiri kegiatan. Dan laporan pertanggung jawaban kepengurusan disampaikan oleh H.Zulkifli HS S.Ap M.Pd sebagai salah satu pengurus lama dan juga panitia musda IV DPD MABM Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda