Kali Pertama, Pemain Drumband SDN Hutaraja Lamo Dilatih TNI

286

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Pelajar SDN 0415 Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa, Palas, tampak serius mengikuti setiap instruksi yang diberi pelatih, agar alur koreografi drumband mereka dapat dipadu padankan dengan kombinasi alat musik yang seirama.

Kesakralan berlatih semakin terasa bagi para pelajar SDN tersebut, karena untuk pertama kalinya grup mereka dilatih oleh seorang prajurit TNI yang menurut pendapat anak-anak itu, TNI adalah sosok perkasa, gagah dan tegas dalam setiap derap langkahnya.

“Kami tak menyangka, untuk pertama kalinya peserta didik kami dilatih oleh prajurit TNI. Ini merupakan sejarah baru bagi sekolah maupun anak-anak,” kata Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 0415 Hutaraja Lamo Jusaini, S.Pd.

Hal yang membuat ternganga, ungkap dia, prajurit tersebut bahkan mampu serta piawai dalam memainkan semua alat musik yang ada di drumband. Banyak koreografi baru yang diajarkan kepada para peserta didik.

“Keterlibatan TNI disini telah memberi semangat tersendiri bagi para pelajar. Mereka bercerita, bahwa mereka sangat bangga drumband sekolahnya dilatih oleh anggota TNI yang hebat dan jago,” ujar Jusaini senada dengan ungkapan peserta didiknya.

Sementara Serda Andik Santoso, sang pelatih juga bagian dari Satgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS menjelaskan, dulunya semasa dirinya berusia remaja memang bergabung di grup drumband tempat ia bersekolah.

Semasa sekolah SMA dulu, Andik akui aktif bermain drumband, dan terampil memainkan semua alat musik. Namun, hingga kini masih membekas diingatan. Dan saatnya memanfaatkan keahlian itu untuk diajarkan bilamana dibutuhkan.

“Kegiatan ini juga sebagai wujud bhakti kami (TNI) kepada bangsa dan negara, utamanya turut mencerdaskan anak bangsa. Apalagi, ini juga bagian dari sasaran non fisik TMMD ke-105 Kodim 0212/TS yang berlangsung selama sebulan di desa setempat,” jelas Andik.

Ditambahkannya, latihan itu juga sebagai langkah persiapan untuk penampilan drumband SD pada saat perayaan HUT RI 17 Agutus mendatang, serta untuk mengisi atau memeriahkan penutupan TMMD Kodim 0212/TS pada 8 Agustus 2019. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda