Irsan: Satpol PP dan Linmas Harus Mampu Tenangkan Suasana

293

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution menegaskan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) beserta Perlindungan Masyarakat (Linmas) harus mampu menciptakan suasana tetap aman dan kondusif.

Hal itu ia sampaikan saat membuka langsung diklat pemantapan pengamanan dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2019, di aula SMK Pertanian dan Pembangunan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan P.Sidimpuan Selatan Padangsidimpuan, Kamis (4/4/2019).

Diklat bertema ‘Peningkatan Trantibum Optimalisasi Peran Satpol PP dan Sat Linmas Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019’ ini diikuti 376 orang, yakni 100 personel Satpol PP dan 276 anggota Linmas dari desa/kelurahan se-Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan, menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak 2019 yang sudah semakin dekat, suhu politik terkesan kian memanas. Ada begitu banyak lapisan masyarakat seolah-olah terpecah belah hanya karena berbeda pilihan.

Oleh karena itu, kata Irsan, jajaran Satpol PP dan Linmas diharapkan bisa menjadi motor penggerak untuk menghadirkan nuansa kesejukan di tengah-tengah masyarakat. Baik lewat imbauan maupun edukasi penanaman pemahaman berpolitik secara dewasa.

“Sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat, bahwa beda pilihan bukan berarti harus bercerai berai. Sampaikan itu terus menerus. Tugas anda sekalian memang tidak mudah, tapi bila aktivitas itu dibarengi dengan rasa ikhlas, pasti terasa mudah bahkan bernilai ibadah,” pesan Irsan.

Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis dalam sambutannya menghimbau para peserta agar benar-benar menyimak semua materi diklat, karena mengingat kegiatan ini sangat penting dalam hal pengamanan untuk menghadapi pemilu serentak.

Sebelumya, Kepala Satpol PP Kota Padangsidimpuan sekaligus ketua panitia dalam laporannya menyebut diklat dilaksanakan dalam dua tahap yakni, pelatihan materi oleh narasumber dan pelatihan fisik di lapangan oleh instruktur/pelatih.

Turut hadir mewakili Dandim 0212/TS Mayor Inf. Dedy Iskandar, Kapolres Padangsidimpuan diwakili Kanit PAM Ovit Iptu Romli, Kasat Intelkam AKP Ahmad Fauzy KS (narasumber), Komisioner Bawaslu Ramadhan Sakti, serta Camat Padangsidimpuan Utara. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda