HUT ke-74 Marinir di Tuban Dimeriahkan dengan Festival Layang-layang

546

TUBAN-JATIM, BERITAANDA – Komunitas Layang-layang menggelar ‘Tuban National Kite Festival’ di lapangan Puslatpur Marinir Animha Tuban. Festival ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Korps Marinir.

Festival tersebut diikuti oleh komunitas layang-layang dari beberapa provinsi. Puluhan layang-layang naga menghiasi dirgantara Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, Ahad (10/11/2019).

“Puslatpur Marinir Animha Tuban bekerjasama dengan FKP3AL (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Angkatan Laut) Kabupaten Tuban dan pengurus Talikama Tuban, dalam rangka HUT Marinir ke-74 dengan mengadakan festival layang-layang di lapangan Marinir Animha Tuban. Layang-layang yang dilombakan merupakan layangan tradisional (sowangan ), layangan 2 D dan 3 D, serta train naga,” terang Komandan Puslatpur Marinir Animha Tuban Mayor Marinir Nanang Setiyawan melalui rilis yang diterima BERITAANDA, Rabu (13/11/2019).

“Peserta lomba layang-layang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta dan Kalimantan Selatan. Para peserta membawa layangan yang terbaik, bahkan yang pernah mengikuti beberapa kali lomba tingkat nasional. Jumlah peserta yang mengikuti lomba layang-layang sebanyak layangan jenis 2 D dan 3 D diikuti sebanyak 20 club, layangan train naga 14 club, layangan tradisional 17 club,” tambah Mayor Nanang.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua FKP3AL Kabupaten Tuban Dimjadi S.Pd, SH menyampaikan terima kepada pihak yang sudah mendukung terlaksananya lomba layang-layang tingkat nasional di Tuban, dalam rangka HUT Marinir ke-74.

Kepala Bidang Pariwisata kabupaten Tuban, Suwanto dalam sambutannya, mengapresiasi even festival layang-layang dalam memperingati HUT Marinir ini.

“Kami berharap even layang-layang ini lebih ditingkatkan ke even internasional. Perlu diketahui, Kabupaten Tuban tahun 2019 ini sudah menjadi 2 tuan rumah, even Porprov Jawa Timur dan MTQ Jawa Timur,” jelas dia

Selepas acara sambutan, dibuka dengan menaikkan layang-layang secara simbolis oleh tamu undangan dan Forpimcam Bancar. Tamu undangan yang hadir antara lain Dinas Pariwisata, Ketua KONI Tuban, anggota DPR RI dan Forpimcam Bancar.

Nampak penjual layang-layang berjajar di sepanjang tempat parkir sampai di lokasi lapangan lomba. Masyarakat makin siang berbondong-bondong mendatangi lokasi lomba. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda