Hari Jadi Sekadau ke-16, Upacara Digelar dengan Pakaian Adat

279
Peserta upacara saat mengikuti upacara hari jadi Kabupaten Sekadau ke-16 di halaman kantor bupati setempat, Rabu (18/12/2019). (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kabupaten Sekadau pada hari ini, Rabu (18/12/2019), merayakan hari jadinya yang ke-16. Peringatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk upacara.

Sedikit berbeda, kali ini seremonial pengibaran bendera merah putih diikuti peserta dengan menggunakan pakaian adat daerah, mengangkat tema ‘dengan semangat hari jadi yang ke-16 tahun, wujudkan Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri, dan berdaya saing dalam bingkai adat dan budaya’.

Bupati Sekadau Rupinus selaku inspektur upacara, menyampaikan amanat Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji M.Hum memaparkan beberapa hal penting.

“Peringatan hari jadi Kabupaten Sekadau sebagai ungkapan syukur atas usia Sekadau yang-16, juga sebagai ungkapan terimakasih kepada para perintis Kabupaten Sekadau,” tukas bupati.

Tak kalah penting, dengan peringatan hari jadi ini, menjadi evaluasi untuk membangun Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri, seta berdaya saing.

“Tentunya diharapkan pembangunan di Kabupaten Sekadau semakin maju, serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Pembangunan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga masyarakat,” papar bupati.

Dalam era 4.0 ini, lanjut bupati, diharapkan pembangunan menguasai teknologi yang dapat dicapai dari pembentukan sumber daya manusia (SDM). Pemerintah provinsi sudah mencanangkan program pendidikan gratis 12 tahun, sebagai salah satu program unggulan Gubernur Kalbar.

“Dengan pembangunan SDM akan meningkatkan indeks SDM di Kalbar. Tidak kalah penting, pembangunan infrastruktur terutama akses lintas kabupaten dan kota yang menjadi urat nadi perekonomian,” sambung bupati.

Pasca kegiatan upacara, diadakan pemotongan kue ulang tahun Kabupaten Sekadau yang diserahkan Bupati Rupinus kepada Kadis PMD Provinsi Kalbar mewakili gubernur, serta potongan kue oleh Wakil Bupati Aloysius yang diserahkan kepada tokoh pemekaran Kabupaten Sekadau.(Arni)

Bagaimana Menurut Anda