Gara-gara Cemburu, Iteng Nekat Tembak Warga Cengal

1444

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Aksi penembakan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tepatnya di Dusun Lebung Sepat Desa Sungai Pasir Kecamatan Cengal OKI, Selasa (2/6/2019) sekira pukul 16.30 Wib.

Beruntung, dalam insiden yang menimpa Meksen (23) alias Kanang, warga setempat, tak sampai merenggut nyawanya lantaran proyektil peluru senjata api rakitan hanya bersarang di kaki kanan korban.

Pelakunya, Iteng (20) yang merupakan warga Dusun 17 Cocot Desa Gajah Mati Kecamatan Sungai Menang OKI, nekat menembak korban diduga dilatarbelakangi rasa cemburu. Sebab, korban mengajak menonton orgen tunggal sang wanita pujaan hati pelaku.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kapolsek Cengal IPTU Eko Suseno menjelaskan, kejadian bermula saat korban bersama 3 orang temannya yakni Dina, Novri, dan Elva, sedang dalam perjalanan pulang dari Dusun Talang Jaya Desa Sungai Pasir menuju Dusun Lebung Sepat Desa Sungai Pasir

“Kala itu ketiganya menggunakan dua unit sepeda motor, dimana saat itu posisi korban membonceng Dina, sedangkan Novri berboncengan dengan Elva. Di pertengahan jalan, setibanya di perkebunan sawit PT RPP, tiba-tiba korban dihadang oleh pelaku,” ungkap dia, Rabu (3/7/2019).

Saat menghadang korban, masih katanya, pelaku Iteng yang memakai penutup kepala dan membawa senjata api rakitan laras pendek mendekati dan langsung menembakkan senjatanya ke arah korban, namun tidak meledak.

“Karena senpira milik pelaku tidak meledak, lalu korban berkelahi dengan pelaku. Dan korban berhasil merebut senjata api milik pelaku. Setelah berhasil direbut senpi miliknya oleh korban, pelaku pergi melarikan diri,” ujar dia.

Setelah kejadian tersebut, katanya lagi, korban bersama 3 orang temannya lanjutkan perjalanan pulang ke rumah di Dusun Lebung Sepat Desa Sungai Pasir. Akan tetapi saat korban bersama temannya belum sampai di rumah, tiba-tiba pelaku kembali menghadang mereka.

“Tepatnya di simpang 3 yang ada di dalam Dusun Lebung Sepat. Dan pada saat posisi masih di atas sepeda motornya, kemudian pelaku langsung menodongkan senjata api rakitan ke arah korban. Namun teman korban, Dina, menghalanginya agar pelaku tidak menembak korban,” tandasnya.

Melihat Dina sedang melerai, lanjutnya, korban langsung turun dari sepeda motor dan kembali berusaha merebut senpira milik pelaku. Akan tetapi pada saat itu pelaku langsung menembakkan senpiranya ke arah korban, sehingga mengenai paha kanan korban.

“Kemudian korban berlari berlindung dibalik pohon durian, karena pelaku akan menembak lagi. Setelah terdengar suara letusan senjata api, kemudian banyak warga keluar rumah membantu korban. Karena banyak warga datang, pelaku lari ke belakang dusun arah perkebunan RPP,” tukasnya.

Melihat korban bersimbah darah, tambahnya, warga langsung membawa korban ke tempat bidan desa terdekat, yaitu bidan Yusnia. Saat ini proyektil yang mengenai kaki kanan korban sudah berhasil dikeluarkan, dan nyawa korban berhasil diselamatkan.

“Untuk saat ini berdasarkan keterangan saksi yakni Dina, Novri dan Elva yang kesemuanya warga Dusun Lebung Sepat Desa Sungai Pasir Kecamatan Cengal, motifnya diduga pelaku cemburu pada korban karena mengajak Dina nonton orgen tunggal,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda