Disparbud Kota Gunungsitoli Susun Buku Kebudayaan

245

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat menggelar kegiatan konsultasi publik penyusunan buku kebudayaan, bertempat di aula lantai dua kantor walikota setempat, Jumat (13/12/2019).

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mendokumentasikan dan melestarikan nilai-nilai budaya Nias yang ada di Kota Gunungsitoli, dan juga wujud kemitraan pemerintah dengan lembaga budaya Nias Kota Gunungsitoli.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua dan anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Asisten II, pimpinan perangkat daerah beserta jajarannya, tokoh agama, tokoh adat dan budaya, tokoh pemuda, tokoh perempuan, pimpinan ormas, OKP dan para undangan lainnya.

Adapaun materi yang diangkat antara lain pengertian Fondrakö, Berkat dan Sanksi Fondrakö, Fondrakö Tölamaera, Fondrakö Sihene’asi, Fondrakö Onodohulu, Fondrakö Talunidanoi, Fondrakö Laraga, Fondrakö Bonio Ni’owuluwulu, Fondrakö Hilodora’a, Fondrakö Heleduna, permainan rakyat dan olahraga tradisional.

Walikota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua pada arahan dan bimbingannya berpesan agar dalam penyusunan buku ini kiranya benar-benar memperhatikan materi sedetail atau serinci mungkin, demi menghindari kesalahan-kesalahan dikemudian hari. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda