Dinas Pendidikan Sumsel Gelar Rapat Pembinaan Awal Tahun

34

PALEMBANG, BERITAANDA – Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel menggelar rapat pembinaan awal tahun di aula SMK Negeri 3 Palembang, Kamis (21/1). Rapat pembinaan ini dihadiri Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs. Riza Fahlevi.

Riza Fahlevi mengatakan, rapat pembinaan ini merupakan visi dan misi Gubernur Sumsel Herman Deru tahun 2019-2023 ‘Sumsel Maju Untuk Semua’.

“Kami mempunyai program bagaimana meningkatkan angka partisipasi kasar (APK). Mengingat APK 12 tahun saat ini 81,78 persen, artinya belum tuntas. Kita targetkan APK 12 tahun tuntas di tahun 2022. Artinya pada tahun 2023 anak-anak minimal tamat SMA sederajat, sehingga pada tahun 2023 akan dilaunching wajib belajar 15 tahun, agar anak-anak tamat dengan lulusan minimal Diploma III,” ujarnya.

Lanjut Riza, kepsek dan pengawas harus saling bersinergi. Kalau APK tuntas 12 tahun, semua anak-anak minimal tamat SMA sederajat, bahkan masuk perguruan tinggi dengan program wajib belajar 1 tahun. “Itu artinya meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel,” tambah Riza Fahlevi.

Menurutnya, tanpa ada koordinasi tidak akan tercapai. “Dengan adanya koordinasi, Insya Allah visi dan misi Gubernur ‘Sumsel Maju Untuk Semua’ bisa dicapai di dunia pendidikan. Karena semakin tinggi jenjang pendidikan, maka akan mengurangi pengangguran,” katanya.

Lebih lanjut Riza Fahlevi menjelaskan, untuk mewujudkan visi dan misi Bapak Gubernur harus dibangun kekompakan. “Mari kita kompak dalam menjalankan tugas pokok fungsi, lakukan komunikasi, konsultasi. Bagaimana sukses sebagai ASN, pengawas, kepsek, kabid, kasi, sekretaris dan guru dalam menjalankan tuganya,” beber dia.

Untuk mencapai kesuksesan, Riza berpesan harus pandai memanfaatkan waktu. “Tugas ini tugas rutin, baik sebagai pengawas, kepsek, kabid, kasi, sekretaris. Mulailah dengan niat tulus, pandailah memanfaatkan waktu. Kemudian, berikan pelayanan yang baik, tolonglah ramah kepada masyarakat,” jelas dia.

“Untuk mencapai kesuksesan, anggap tugas sulit sebagai sahabat. Selain itu, jujurlah dalam bekerja dan harus memiliki integritas. Lakukan pekerjaan sesuai prosedural. Lalu, selalu bersedia menerima saran dan kritik,” pungkas Riza. [Hanny]

Bagaimana Menurut Anda