Di Ogan Ilir Masih Banyak Dijumpai ‘Proyek Siluman’

1224
Kantor Camat Indralaya Selatan sedang dilakukan rehab berat.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Lagi dan lagi, di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan terus menjamur ‘proyek siluman’. Banyak ditemukan aktifitas proyek tidak memasang plang (papan informasi). Entah disengaja atau tidak, dengan tak menampilkan plang tersebut, patut diduga ada hal yang ditutupi, atau ada upaya si pemborong untuk mencari keuntungan besar.

Padahal sudah menjadi aturan, bahkan termuat di undang-undang bahwa setiap ada proyek yang bersumber dari dana pemerintah (ADD/APBN) wajib hukumnya menampilkan hal ini. Namun faktanya, masih banyak dijumpai pemborong yang bandel, dan hal sepenting itu masih saja diabaikan.

Seperti sebelumnya proyek rehab di kantor Camat Payaraman, Tanjung Batu, maupun jalan cor di Pasar Payaraman. Kali ini terjadi lagi di proyek perehaban kantor Camat Indralaya Selatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pantauan BERITAANDA di lapangan, Jumat (6/12/2019) siang, proyek rehab kantor Camat Indralaya Selatan itu sudah hampir rampung. Tidak diketahui siapa kontraktor dan berapa nominal anggaran yang tercurah, hanya terlihat beberapa pekerja sedang sibuk dengan pekerjaan mereka.

Adapun saat BERITAANDA menanyakan hal ini ke beberapa staf kantor Camat Indralaya Selatan, mereka juga mengaku tidak mengetahui siapa kontraktor atau CV apa yang melakukan aktifitas perbaikan kantor mereka.

Beralih ke UU keterbukaan informasi publik, amanat undang – undang dan peraturan tentang papan proyek dan sarana informasi itu sudah sedemikian rupa disajikan untuk dipahami semua pihak. Hal ini terdapat di UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Harusnya ada sanksi tegas dari pihak terkait jika hal di atas masih saja dilanggar. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda