Desa Wisata Tani Melati II Raih Kategori 5 Desa Terbaik se-Indonesia

729

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) raih desa terbaik kelima dari 126 desa di Indonesia.

Hal tersebut terungkap pada rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi Program Pilot Inkubasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal Desa (PIID-PEL) yang dilaksanakan di Mercuere  Hotel Ancol Jakarta pada tanggal 8 sampai 10 Desember 2019.

Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini mendapat kehormatan terpilih dari beberapa kabupaten yang ada sebagai pelaksana kegiatan desiminasi program PIID PEL 2019 yang direncanakan akan menyampaikan inovasinya. Dimana telah merumuskan pola kemitraan antara kelompok usaha masyarakat, badan usaha milik desa dan inkubator/offtaker selaku pelaku bisnis.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Kadis PMD Sergai H. Ikhsan, AP melalui Kabid UED dan PKP Dinas PMD Sergai Samsul Sijabat, SE MM yang juga merupakan Pokja PIID PEL.

Beliau mengatakan, dengan inovasi yang dilakukan oleh beberapa desa, bisa diterapkan dalam pengelolaan dana desa guna peningkatan usaha ekonomi desa.

Pada pelaksanaan rapat koordinasi dan PIID-PEL tersebut, dibuka oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Dirjen PPMD Taufik Madjid dan Mr Sam dari World Bank.

Dihadapan peserta yang hadir, Menteri Desa menyampaikan dengan program PIID PEL yang tersebar di 126 desa, diharapkan dapat mengevaluasi dan memonitoring kegiatan yang dilaksanakan serta dapat merumuskan keberlanjutan program kedepan.

Dalam kegiatan ini disampaikan nominator kegiatan PIID PEL, dimana tim keseketariatan melakukan penilaian atas pelaksanaan kegiatan dalam beberapa kategori untuk menentukan desa terbaik. Dan Alhamdulillah, salah satunya Desa Melati II masuk dalam kategori 5 besar terbaik di bidang pelaksanaan kemitraan yang didukung oleh Pemkab Sergai.

Pada kegiatan rakor tersebut dihadiri utusan dari Pemkab Sergai, seperti Tengku Fahrizal Husni (Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Sergai), MHD Syafrizal selaku incubator dari Desa Melati II, Budimansyah serta Rini. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda