Desa Sisobahili II Tanose’o Dideklarasikan Sebagai Desa ODF di Kota Gunungsitoli

37

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Desa Sisobahili II Tanose’o dideklarasikan sebagai desa ODF (Open Defecation Free) pertama di Kota Gunungsitoli. Deklarasi tersebut dilaksanakan di kantor Desa Sisobahili II Tanose’o Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kamis (11/2).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Camat Gunungsitoli Selatan Yafet K. Bu’ulolo, SSTP, M.A.B ini ikut dihadiri Sekretaris Dinas PMDK Kota Gunungsitoli, Unsur Forkopimka Gunungsitoli Selatan, Ketua BPD Desa Sisobahili II Tanose’o, dan seluruh undangan lainnya, diawali dengan pembacaan teks deklarasi stop buang air besar sembarangan oleh Sekretaris Desa Sisobahili II Tanose’o dan diikuti oleh masyarakat Desa Sisobahili II Tanose’o.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi ODF oleh masyarakat Desa Sisobahili II Tanose’o, dan diikuti dengan penandatanganan oleh Camat Gunungsitoli Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o dan Kepala UPTD Puskesmas Gunungsitoli Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli yang juga menyerahkan sertifikat penghargaan dari bidang kesehatan kepada Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Juliadi Napitupulu, S.Si, Apt, MPH dalam sambutannya menjelaskan, bahwa ODF adalah program dari bidang kesehatan yang merupakan bagian dari penanganan stunting. “Oleh karena itu dalam upaya memberhasilkan penanganan stunting maka didoronglah desa-desa agar bisa ODF,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Wilser Juliadi mengucapkan selamat sekaligus terimakasih kepada Desa Sisobahili II Tanose’o yang telah berhasil membantu menyukseskan program pemerintah, baik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Camat Gunungsitoli Selatan Yafet K. Bu’ulolo, SSTP, M.A.B menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Desa Sisobahili II Tanose’o sebagai desa pertama di Kota Gunungsitoli yang bisa bebas dari buang air besar sembarangan (BABS).

“Desa Sisobahili II Tanose’o ini telah mengukir sejarah yang merupakan satu-satunya desa di Kota Gunungsitoli yang sudah bisa bebas dari buang air besar sembarangan atau yang disebut dengan ODF. Dan kami rasa inilah desa yang akan mempelopori semua desa di Kota Gunungsitoli, nantinya untuk bisa menjadi desa-desa ODF berikutnya,” ujar Camat Gunungsitoli Selatan.

Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o Aristo Laoli juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua BPD Desa Sisobahili II Tanose’o beserta jajarannya dan seluruh lembaga yang ada di desa yang telah mendukung pemdes dan juga masyarakat untuk bisa bersama-sama merencanakan dan melaksanakan deklarasi.

“Dan kami juga berterimakasih kepada Dinas PMDK Kota Gunungsitoli dan Pemerintahan Kecamatan Gunungsitoli Selatan yang telah mendukung dan mendorong desa untuk kegiatan pembangunan jambanisasi di Desa Sisobahili II Tanose’o melalui dana desa tahun 2020. Dan kami juga bersyukur di desa ini kami mendapatkan bantuan pembangunan jamban dari Dinas Perkim Provinsi Sumatera Utara sebanyak 20 unit,” ujar Kepala Desa Sisobahili II Tanose’o. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda